Share

Selena Gomez Mengidap Bipolar, Apa Gejalanya?

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Jum'at 04 November 2022 11:41 WIB
$detail['images_title']
Selena Gomez idap bipolar (Foto: Inst)

FILM kisah hidup Selena Gomez baru saja dirilis belum lama ini. Film itu berkisah tentang perjuangan Selena menghadapi masalah kesehatan mentalnya selama enam tahun trakhir.

Dalam film itu mengisahkan perjuangan Gomez yang mengidap gangguan bipolar.

 Selena Gomez

"Ketika saya pertama kali mengetahuinya, saya tidak tahu bagaimana saya mengatasi diagnosis tersebut. Bagaimana jika itu terjadi lagi? Bagaimana jika lain kali, saya tidak bisa kembali? Saya harus terus mempelajarinya. Saya harus menjalaninya hari demi hari," kata Gomez.

Dilansir dari Healthline, gangguan bipolar adalah penyakit mental yang ditandai oleh perubahan suasana hati yang ekstrem dan sulit ditebak. Gejalanya bisa memengaruhi suasana hati yang sangat tinggi yang disebut mania, dan penderita juga dapat menjelma seketika menjadi sedih ataupun depresif.

Lalu apa saja gejala gangguan bipolar?

Ketika pengidap bipolar merasa sedih hingga depresi, gejala yang muncul adalah keinginan untuk bunuh diri, merasa sangat putus asa, sulit berkonsentrasi, serta perasaan bersalah.

Sedangkan ketika mereka merasa bahagia, gejala yang muncul antara lain merasa sangat bersemangat, muncul rasa percaya diri yang berlebihan, serta menurunnya keinginan untuk tidur.

BACA JUGA:Marshanda Mengaku Kondisinya Baik, Kenali 5 Jenis Bipolar Disorder Yuk!

Dikutip dari WebMD, gangguan bipolar terjadi karena adanya faktor genetik, faktor lingkungan, dan adanya zat kimia pada otak.

Follow Berita Okezone di Google News

Belum diketahui apa yang menjadi penyebab pasti terjadinya kondisi ini, sejauh ini bipolar terjadi karena adanya ketidakseimbangan pada senyawa yang berfungsi mengendalikan fungsi otak.

Hal-hal yang menjadi pemicu terjadinya bipolar, antara lain:

- Mengalami kekerasan fisik, seksual, atau emosi.

- Kehilangan dan kesedihan yang amat mendalam, seperti meninggalnya keluarga.

- Kehilangan orang terkasih, seperti putus dari pasangan.

1
2