Share

Update! Varian XBB di Indonesia Sudah 12 Kasus

Kevi Laras, Jurnalis · Jum'at 04 November 2022 14:54 WIB
$detail['images_title']
Varian XBB (Foto:Bussines standard)

KABAR terbaru disampaikan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bahwa sudah ada 12 kasus varian baru XBB di Indonesia. Keseluruhan kasus dipastikan tidak mengalami gejala yang berat.

Juru Bicara Kemenkes dr Mohammad Syahril menerangkan, sudah ada 28 negara yang melaporkan, sudah termasuk Indonesia untuk varian XBB. Dia mengatakan kenaikan kasus juga dialami berbagai negara, akibat varian baru ini.

 varian XBB

"Pandemi ini masih ada, dan 28 negara juga mengalami kenaikan kasus seperti Singapura dikaitkan dengan varian baru XBB dan XBC. Varian XBB semula ada satu, lalu tambah lagi ada empat, dan totalnya ada 12," ujar Juru Bicara Kemenkes dr Mohammad Syahril dalam Konferensi Pers Update Covid-19 dan Gagal Ginjal Akut Misterius di Indonesia secara online, Jumat (4/11/2022).

 BACA JUGA:9 Gejala Varian XBB yang Perlu Diwaspadai, Salah Satunya Nyeri Tenggoroka

Seiring dengan kemunculan varian baru XBB, menurut dr Syahril, sejumlah negara mengalami kenaikan, seperti Singapura. Kasus tersebut didominasi oleh varian XBB.

Follow Berita Okezone di Google News

Sementara di Indonesia kenaikan kasus, dikatakan dr Syahril masih dalam batas wajar. Singapura yang mengalami kenaikan kasus sampai 18.000 pun, saat ini sudah menurun.

"Meskipun ada varian baru tapi tidak terlalu berat begitu pun yang meninggal. Ada 28 negara melaporkan varian XBB, Singapura pernah sampai 18.000 kasusnya tapi juga cepat turunnya," jelas dr Syahril.

1
2