Share

Vaksin Indovac Khusus Booster Sudah Kantongi Izin BPOM

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 03 November 2022 13:50 WIB
$detail['images_title']
Vaksin Covid-19 (Foto: Freepik)

INDONESIA berhasil memproduksi vaksin Covid-19, yaitu vaksin Indovac di Bio Farma dan AWCorna di PT Etana Biotechnologies Indonesia. Kedua vaksin ini diharapkan akan memenuhi kebutuhan masyarakat akan vaksin Covid-19 yang hingga saat ini masih dibutuhkan.

Khusus vaksin Indovac yang rencananya bulan ini akan rilis ke publik, Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan Lucia Rizka Andalucia menjelaskan, izin penggunaan darurat (EUA) untuk penggunaan vaksin primer sudah dikeluarkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

 Vaksin Covid-19

"Tapi, kalau EUA vaksin Indovac khusus untuk booster, kemungkinan keluar satu hingga dua minggu ke depan. Nanti ada informasi lebih lanjut lagi baik dari Kemenkes maupun BPOM, ya," kata Rizka saat ditemui MNC Portal di ICE BSD, Tangerang, Kamis (3/11/2022).

 BACA JUGA:Kemenkes Akhirnya Buka Suara Soal Isu Kelangkaan Vaksin Meningitis

Pemerintah saat ini tengah memprioritaskan vaksin buatan dalam negeri untuk mengendalikan kasus Covid-19. Oleh karena itu, vaksin Indovac yang diproduksi di Bio Farma didukung penuh, termasuk juga vaksin AWCorna.

Follow Berita Okezone di Google News

Indovac sendiri ditargetkan menjadi 'senjata' mempercepat cakupan vaksin booster yang dinilai masih sangat rendah. Karena itu, diharapkan pemerintah daerah melakukan segala upaya untuk mendistribusikan vaksin ini ke masyarakat.

"Dengan hadirnya vaksin Indovac yang diproduksi Bio Farma, kami berharap cakupan booster semakin tinggi," tambah Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril.

1
2