Share

Penyebab Timbulnya Jerawat di Kulit Kepala, Salah Satunya Diet Ekstrem

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Kamis 03 November 2022 09:30 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Huffingtonpost)

MENGENAL penyebab timbulnya jerawat di kulit kepala yang tak banyak orang tahu. Kondisi ini termasuk kondisi kulit dimana folikel rambut tersumbat minyak dan sel-sel kulit mati atau sebum berlebih.

Penyumbatan yang terjadi dapat menyebabkan peradangan pada folikel rambut. Sebum merupakan minyak alami yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous untuk membentuk penghalang pelindung pada kulit.

Tak hanya itu, ternyata pori-pori seseorang juga bisa tersumbat jika tidak sering mencuci rambut atau sering memakai penutup kepala yang menyebabkan gesekan pada kulit kepala.

Jerawat

Umumnya, tanda-tanda adanya jerawat di kulit kepala berupa benjolan kecil di sepanjang garis rambut, di dahi, atau di belakang leher, adanya komedo putih di kulit kepala atau garis rambut, gundukan yang padat, dan benjolan di kulit kepala yang menyakitkan.

Follow Berita Okezone di Google News

Tak sedikit orang juga mengalami benjolan yang dapat mereka rasakan tetapi tidak dapat mereka lihat. Lantas, apa saja penyebab timbulnya jerawat di kulit kepala? Untuk mengetahuinya, simak ulasan okezone berikut ini.

Melansir dari Medical News Today, American Academy of Dermatology Association (AAD) mencatat bahwa beberapa orang mungkin mengalami benjolan atau jerawat di kulit kepala mereka saat menggunakan sampo, kondisioner, atau hairspray tertentu.

Jenis jerawat ini disebut juga acne kosmetika, yang mengacu pada jerawat kulit kepala yang berkembang setelah menggunakan produk yang bersentuhan dengan rambut atau kulit.

Tak hanya itu, jerawat pada kulit kepala juga bisa disebabkan organisme, seperti:

-Jamur

-Tungau

-Ragi dari family Malassezia

-bakteri

-Stafilokokus epidermidis

-Propionibacterium acnes

-Stafilokokus aureus

-Demodex folliculorum

Bahkan, diet juga dapat dikaitkan dengan jerawat. Menurut penelitian yang diterbitkan di Advances in Dermatology and Allergology menunjukkan bahwa diet tinggi karbohidrat manis dapat meningkatkan risiko jerawat.

Itulah penyebab timbulnya jerawat di kulit kepala yang tak banyak orang tahu. Untuk mencegahnya, sebisa mungkin menjaga kebersihan kulit kepala dan gunakan produk yang cocok, serta jangan menutup kulit kepala secara berlebihan atau dalam waktu yang lama.

(RIN)

1
3