Share

Jangan Lupa! WHO Sebut Wabah Cacar Monyet Masih Jadi Darurat Kesehatan Global

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 02 November 2022 14:30 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Freepik)

MASYARAKAT global saat ini tengah dihadapkan pada tren kenaikan kasus positif karena mutasi Omicron terbaru, varian XBB. Bahkan kekhawatiran masyarakat Indonesia, masih bertambah lagi dengan fenomena kasus gangguan ginjal akut pada anak yang sedang ramai merebak saat ini.

Namun kedaruratan kesehatan belum berhenti sampai situ, karena jangan lupa masih ada wabah infeksi cacar monyet yang juga menjadi ancaman di tengah situasi pandemi Covid-19 saat ini.

Bahkan Badan Kesehatan Dunia (WHO) baru saja memperingatkan, seperti dilapor Reuters, Rabu (2/11/2022) bahwasanya wabah infeksi cacar monyet masih terus menjadi keadaan darurat kesehatan global.

Status tersebut diketahui merupakan tingkat kewaspadaan tertinggi dari Komite Darurat Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa tersebut.

Label WHO, darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional (PHEIC) seperti yang diberlakukan pada cacar monyet ini dirancang untuk memicu respons internasional, agar bisa terkoordinasi satu sama lain. 

Sehingga akhirnya bisa membuka pendanaan untuk berkolaborasi mengatasi krisis kesehatan ini, misalnya dengan berbagi vaksin dan perawatan pengobatan.

Sebagai informasi, dari catatan data WHO, per 25 Oktober 2022. Kasus cacar monyet sudah dilaporkan sebanyak lebih 90 negara non-endemik. Negara di dunia yang sebelumnya penyakit cacar monyet tersebut tidak endemik. Angka kasusnya sendiri, dari data per 13 Oktober 2022 diketahui sudah menembus 70.000 kasus secara global. 

 BACA JUGA:Terbaru! Ini 7 Daftar Obat Sirup Berbahaya Menurut BPOM

BACA JUGA:BPOM Pastikan Obat Cair Tercemar Produksi PT Yarindo dan PT Universal Tak Beredar Lagi

Follow Berita Okezone di Google News

(rpa)

1
1