Share

3 Manfaat Kesehatan Minum Jus Lidah Buaya, Redakan Sembelit Salah Satunya!

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 02 November 2022 07:00 WIB
$detail['images_title']
jus lidah buaya, (Foto: NDTV Food)

MANFAAT lidah buaya beberapa waktu belakangan ini, lebih populer terkait manfaatnya untuk kecantikan dan kesehatan kulit, seiring dengan ketenaran produk dan tren kecantikan ala Korea.

Namun jangan salah, di luar manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit, lidah buaya yang jika dikonsumsi menjadi jus misalnya ternyata punya manfaat bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh, termasuk untuk sistem pencernaan kita. Melansir NDTV, Selasa (2/11/2022) berikut paparan singkat tiga manfaat kesehatan minum jus lidah buaya seperti dijelaskan ahli nutrisi, Lovneet Batra.

1. Prebiotik: Lidah buaya sarat kandungan acemanane, glukomanan, polimer mannose (accemannose), vitamin A, vitamin B1, B6 dan vitamin C yang semua ini bisa bekerja sebagai prebiotik untuk menjaga bakteri 'baik' di usus.

2. Mengatur pergerakan usus: Lidah buaya termasuk aloin diketahui memiliki efek pencahar alami.

(Foto: NDTV) 

Follow Berita Okezone di Google News

Sebab, aloin merangsang kontraksi usus besar dan menurunkan penyerapan air di usus, yang masing-masing menginduksi dan melunakkan tinja alas feses. Sehingga pada akhirnya juga berkontribusi membantu mengurangi sembelit.

3. Kurangi peradangan usus: Lidah buaya juga memiliki efek anti-inflamasi dan analgesik loh! Dua efek ini disebutkan lebih lanjut dapat membantu mengurangi gejala pencernaan lainnya, contohnya peradangan usus.

 BACA JUGA:5 Manfaat Kesehatan yang Didapat dari Pola Makan Diet Vegan

BACA JUGA:Tak Selalu Buruk, Ini Manfaat Camilan untuk Kesehatan Manusia!

1
2