Share

5 Manfaat Kesehatan yang Didapat dari Pola Makan Diet Vegan

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 01 November 2022 07:00 WIB
$detail['images_title']
manfaat pola makan diet vegan, (Foto: Freepik)

TAHUKAH Anda setiap tanggal 1 November setiap tahunnya diperingati Hari Vegan Sedunia, sebagai momentum peringatan hadirnya komunitas vegan, Vegan Society di Inggris pada 1944.

Orang yang menjalankan gaya hidup sebagai vegan atau vegetarian, selain tak mengonsumsi daging tapi juga tidak mengonsumsi susu, telur, atau produk hewani lainnya dan lebih banyak mengonsumsi biji-bijian utuh, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan sebagai makanan sehari-hari.

Sederet manfaat kesehatan, disebutkan bisa diperoleh dari menjalani pola makan diet vegan ini. Melansir Healthline, Selasa (1/11/2022) yang sudah ditinjau secara medis oleh ahli gizi, Adrienne Seitz, MS, RD, LDN, mari simak paparan singkat lima manfaat kesehatan dari pola makan diet vegan di bawah ini.

1. Bantu menurunkan berat badan: Banyak penelitian observasional menunjukkan bahwa orang vegan cenderung lebih slim dan punya dan punya indeks massa tubuh (BMI) lebih rendah daripada orang non vegan.

2. Mengecilkan risiko diabetes Tipe 2: Pola makan vegan yang mengonsumsi makanan nabati membantu menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan fungsi ginjal. Sehingga akhirnya sensitivitas insulin jadi lebih tinggi dan berisiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2.

3. Melindungi diri dari kanker tertentu: Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) setidaknya sepertiga dari semua kanker dapat dicegah oleh faktor-faktor yang dapat kita kendalikan, termasuk pola diet. Pola makan vegan umumnya makan lebih banyak kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran daripada nonvegan. Inilah kenapa dari studi tahun 2017, bahwa orang vegan berisiko 15 persen lebih rendah terkena kanker.

Follow Berita Okezone di Google News

4. Risiko penyakit jantung yang lebih rendah: Merujuk pada suatu studi observasional yang membandingkan vegan dengan vegetarian dan non-vegetarian, menyebutkan orang yang menjalankan pola makan vegan bisa 75 persen berisiko lebih rendah terkena tekanan darah tinggi. Selain itu, beberapa penelitian terkontrol secara acak melaporkan bahwa pola makan vegan jauh lebih efektif untuk mengurangi gula darah, kolesterol LDL (jahat), dan kadar kolesterol total.

5. Kurangi sakit akibat radang sendi: Satu penelitian kecil random memantau orang dengan radang sendi untuk terus makan makanan omnivora seperti biasa atau beralih ke pola diet vegan denganpola makan vegan nabati selama 6 pekan.

Hasilnya, orang yang menjalani diet vegan melaporkan tingkat energi yang lebih tinggi dan fungsi umum yang lebih baik daripada kelompok orang yang tidak mengubah pola makannya. Beberapa penelitian lain juga menunjukkan pola makan vegan bisa membantu memperbaiki gejala rheumatoid arthritis, termasuk nyeri, pembengkakan sendi, dan kekakuan di pagi hari. Namun sebagai catatan, masih tetap dibutuhkan penelitian lebih lanjut lagi terkait ini.

 BACA JUGA:Lesti Kejora Jalani Fisioterapi Usai Alami KDRT, Simak Yuk 3 Manfaatnya!

BACA JUGA:Palpitasi Jantung: Gejala, Penyebab, Faktor Risiko dan Pencegahan

1
2