Share

Berdesakan Seperti di Itaewon Bisa Sebabkan Henti Jantung, Ini Alasannya!

Vivin Lizetha, Jurnalis · Senin 31 Oktober 2022 10:47 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Ist)

PESTA Halloween yang seharusnya berjalan meriah, berubah menjadi suasana duka cita. Sebanyak 154 orang meninggal dunia saat berdesakan dalam kerumunan perayaan Halloween di Itaewon.

Ribuan orang memadati daerah Itaewon, Korea Selatan pada malam itu. Seluruh orang tumpah ruah ingin meramaikan pesta Halloween.

 tragedi halloween di Itaewon

Namun apa yang terjadi, lokasi jalanan Itaewon yang sempit dan penuh bangunan, tak kuat menampung antusias masyarakat yang ingin merayakan Halloween. Belum lagi ditambah dengan kontur jalanan di daerah tersebut naik turun. Membuat masyarakat yang berada di penanjakan terus mendorong ke arah turunan. Alhasil, pengunjung yang tak kuat terhimpit, kehabisan napas dan pingsan, berguling menimpa mereka yang di bawah.

Rata-rata korban meninggal akibat mengalami henti jantung. Dikutip dari hopkinsmedicine, Senin (31/10/2022), ada beberapa gejala yang dialami penderita henti jantung. Seperti, kelelahan, pusing, sesak napas, mual, sakit dada, berdebar, penurunan kesadaran.

Follow Berita Okezone di Google News

Biasanya orang yang mengalami henti jantung memiliki riwayat penyakit jantung bawaan. Namun dalam kasus tragedi Halloween Itaewon, korban mengalami henti jantung karena kekurangan oksigen.

Berdesakan di dalam kerumunan, membuat badan terjepit. Belum lagi suplai oksigen berkurang karena ada ribuan orang yang menggunakan oksigen di dalam suatu daerah.

Belum lagi produksi karbondioksida juga sangat banyak beredar karena proses pernapasan ribuan orang. Ini yang membuat orang berdesakan menjadi kekurangan oksigen dan mengalami henti jantung.

1
2