Share

10 Kebiasaan Buruk yang Merusak Ginjal, Nahan Pipis Hingga Kurang Tidur

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Senin 31 Oktober 2022 10:32 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Antara)

10 kebiasaan buruk yang merusak ginjal ini harus Anda ketahui. Ginjal merupakan salah satu organ dalam tubuh yang memiliki fungsi penting, salah satunya untuk menyaring racun di dalam tubuh.

Apabila organ ginjal mengalami kerusakan, maka kondisi tersebut akan berdampak buruk bagi kesehatan. Sejumlah kebiasaan buruk yang kerap dilakukan dalam kehidupan sehari-hari bisa menjadi penyebab ginjal rusak.

Berikut 10 kebiasaan buruk yang merusak ginjal dirangkum dari berbagai sumber:

1. Tidak minum cukup air

Minum Air

Ginjal perlu asupan air. Tidak minum cukup air dapat menyebabkan ginjal bekerja terlalu keras dan akhirnya bisa merusak fungsinya.

Follow Berita Okezone di Google News

2. Enggan pipis

Nahan Pipis

Tubuh perlu mengeluarkan racun-racunnya di dalam tubuh. Menyimpan urin terlalu lama di dalam kandung kemih dapat merusak ginjal.

3. Diet protein tinggi

Protein

Konsumsin makanan yang mengandung protein tinggi dapat merusak ginjal dan akhirnya dapat membuat ginjal bekerja keras. Bila terjadi terus menerus, hal ini dapat membuat kerja ginjal aus.

4. Merokok

Merokok

Penumpukan racun di dalam tubuh akibat rokok, bisa berdampak pula pada kerja ginjal. Merokok secara berlebihan memberi dampak pada kerusakan ginjal permanen dengan cepat.

5. Asupan tinggi garam

Garam

Konsumsi garam secara berlebihan juga dapat merusak ginjal. Pencegahan adalah jalan terbaik untuk melindungi fungsi dan kesehatan ginjal. Jangan lupa jaga kadar garam dari makanan Anda.

6. Terlalu banyak kafein

Kafein

Bagi Anda pecinta kopi, batasilah konsumsi kafein mulai sekarang. Akumulasi kafein memungkinkan kerusakan pada fungsi ginjal.

7. Kelebihan analgesik

Obat

Menyalahgunakan obat penghilang rasa sakit dapat berakibat pada kerusakan pada ginjal. Konsumsi analgesik dibutuhkan ketika obat tersebut diresepkan oleh dokter.

8. Waktu tidur berkurang

kurang tidur

Tidur merupakan salah satu aktivitas yang bermanfaat bagi tubuh. Saat tidur di malam hari, tubuh akan beristirahat dan ada sejumlah sel yang mengalami regenerasi.

Salah satu organ yang diuntungkan ketika Anda tidur cukup adalah ginjal. Karena fungsi ginjal diatur oleh siklus tidur dan siklus terjaga. Siklus tersebut akan membantu ginjal mengendalikan alur kerjanya selama 24 jam.

9. Konsumsi obat penghilang rasa sakit secara berlebihan

Sesuatu yang berlebihan memang tidak baik. Begitu juga ketika Anda menggunakan obat penghilang rasa sakit, seperti NSAID (obat antiinflamasii nonstereoid).

Rasa sakit memang akan hilang, namun hal tersebut bisa membahayakan ginjal Anda. Fungsi ginjla bisa bermasalah bahkan menyebabkan gagal ginjal total.

10. Konsumsi garam secara berlebihan

Garam mengandung sodium yang jika dikonsumsi secara berlebihan dapat memicu tekanan darah tinggi dan juga penyakit ginjal. Maka dari itu, pastikan Anda tidak mengkonsumsi garam secara berlebihan.

Demikian 10 kebiasaan buruk yang merusak ginjal yang perlu diperhatikan.

(RIN)

1
3