Share

Kemenkes Akhirnya Buka Suara Soal Isu Kelangkaan Vaksin Meningitis

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 31 Oktober 2022 13:00 WIB
$detail['images_title']
Jamaah umrah asal Indonesia, (Foto: Ditjen PHU)

BELAKANGAN ini ramai beredar kabar, sulitnya para calon jamaah umrah untuk mendapatkan vaksin Meningitis Meningokokus (MM).

Contohnya, pada awal Oktober 2022, Dinas Kesehatan Jawa Barat sempat menyatakan stok vaksin yang ada semakin sedikit. Sehingga akhirnya, jatah vaksin meningitis yang ada direkolasi, yang awalnya diperuntukkan untuk jemaah haji untuk diberikan kepada jemaah umrah.

Kementerian Kesehatan RI sendiri, saat ini sudah membantah stok vaksin Meningitis Meningokokus (MM) menipis dan akhinya langka. Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan RI, dr . Siti Nadia Tarmizi mengataka stok vaksin sudah didistribusikan oleh pusat ke seluruh Indonesia.

"Vaksin MM sudah tersedia 150 ribu, di kantor kesehatan pelabuhan Kemenkes seluruh Indonesia," tegas dr. Siti Nadia Tarmizi ketika dihubungi MNC Portal, Senin (31/10/2022).

Keterangan dari dr. Nadia di atas mengklarifikasi adanya rumor yang berhembus di masyarakat bahwa vaksin MM, yang menjadi syarat keberangkatan calon jamaah Umrah dan Haji ke Tanah Suci tengah langka.

Follow Berita Okezone di Google News

"Vaksin meningitis meningokokus sudah tersedia untuk masyarakat. Jadi, kami sudah tidak mendengar adanya masalah lagi," terang dr. Nadia lagi.

 Sebagai informasi, Otoritas Pemerintah Arab Saudi memastikan bahwa vaksin MM wajib diterima calon jamaah sebelum mendarat dan masuk ke Tanah Suci. Ini disampaikan, paska ada kesimpangsiuran pernyataan pers Menteri Haji dan Umrah Saudi dalam konferensi pers dengan Menteri Agama tentang vaksin.

Dijelaskan juga Kementerian Agama RI sedang melakukan koordinasi dengan Kemenkes RI, agar dapat menyesuaikan kewajiban vaksin MM bagi calon jamaah umrah dari Indonesia.

"Kami tentunya mengikuti aturan yang ditetapkan Kemenkes Arab Saudi. Kalau memang ada perubahan, kami pasti ikuti," pungkas dr. Nadia

1
2