Share

Vagina Terasa Gatal, Coba Atasi dengan 6 Cara Ini

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Senin 31 Oktober 2022 03:03 WIB
$detail['images_title']
Vagina terasa gatal (Foto: Istock)

MEMANG vagina yang terasa gatal terus rasanya bikin tak nyaman. Apalagi jika harus menggaruk vagina, rasanya memalukan jika sedang di luar rumah.

Jika gatal terus menerus terjadi hingga membuat bentuk vagina menjadi lecet dan bernanah, sebaiknya segera bawa ke dokter terdekat. Namun jika rasa gatal masih bisa ditanggulangi, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan di rumah.

 miss V gatal

Berikut Okezone merangkumnya untuk Anda dikutip dari Womenshealth tentang cara mengatasi vagina gatal. Apa saja?

1. Cek sabun yang digunakan

Sabun yang mengandung wewangian biasanya membuat gatal pada vagina. Coba beralih ke sabun hipoalergenik. Sabun bayi dapat menjadi pilihan salah satunya.

2. Pilih pembalut yang aman

Tak sedikit perempuan yang alergi karena kontak dengan pembalut. Zat yang terkandung dalam bahan pembalut terkadang menimbulkan alergi. Belum lagi jika Anda malas menggantinya. Pilih pembalut yang berbahan organik dan tanpa pewangi. Anda juga dapat beralih ke menstrual cup atau tampon.

 

3. Pakai Krim Vaginisil

Krim Vaginisil bermanfaat untuk mengurangi rasa gatal pada vagina. Krim ini dijual bebas sehingga Anda dapat membelinya tanpa resep dokter.

 BACA JUGA: Malu Vagina Bau Ikan Asin, Simak Yuk 5 Penyebabnya!

4. Oleskan aquafor

Jika gatal terasa membakar, terutama saat buang air kecil, lap lembut vagina setelah dibasuh. Kemudian oleskan aquafor pada bagian gatal. Ini akan membuat rasa gatal pada vagina menjadi tenang.

Follow Berita Okezone di Google News

5. Gunakan krim infeksi jamur

Jika Anda merasa gatal disebabkan oleh jamur, dapat dioleskan krim infeksi jamur. Namun ingat, tak semua rasa gatal disebabkan oleh jamur. Temui dokter jika tak yakin apa penyebab rasa gatal tersebut.

6. Mandi air panas

Rasa gatal akan berkurang saat mandi air panas. Tambahkan garam Epsom atau oatmeal untuk memberikan efek menenangkan. Setelah mandi, jangan keringkan bagian vagina dengan handuk. Tapi menggunakan pengering rambut dengan suhu rendah yang sejuk.

1
2