Share

BPOM Pastikan Produk Sampo yang Bisa Picu Kanker Tidak Beredar di Indonesia

Kevi Laras, Jurnalis · Jum'at 28 Oktober 2022 12:29 WIB
$detail['images_title']
Produk Dry Sampo Ditarik Unilver di AS karena Berisiko Picu Kanker (Foto: Shutterstock)

HEBOH soal produk dry sampo mengandung bahan berbahaya yaitu benzena, bahan kimia yang dikabarkan bisa menyebabkan kanker ditarik di Amerika Serikat (AS). Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memastikan produk tersebut tidak ada di Indonesia.

Sampo kering yang mengandung Benzena ini merupakan produk dari Unilever. Dari hasil penelusuran BPOM, terdapat dua produk yang ternotifikasi (memiliki izin edar) dan 17 produk lainnya, tidak terdaftar di BPOM.

Sampo

Kedua produk yang ternotifikasi tersebut memiliki nama berbeda, dengan produk yang ditarik di Amerika Serikat, yaitu:

1. TRESEMME Dry Shampoo Volumizing, ternotifikasi di BPOM dengan nama TRESEMME Volume Clean Dry Shampoo (nomor notifikasi NE51221000008).

2. TRESEMME Dry Shampoo Fresh and Clean, ternotifikasi di BPOM dengan nama TRESEMME Fresh Clean Dry Shampoo (nomor notifikasi NE51221000007).

"Berdasarkan data importasi, sampai saat ini kedua produk yang memiliki nomor notifikasi (izin edar) BPOM tersebut belum pernah diimpor ke wilayah Indonesia. BPOM menyatakan bahwa seluruh kosmetika yang ditarik dari peredaran di Amerika Serikat, tidak beredar secara resmi di Indonesia," kata BPOM dalam keterangannya, diterima MNC Portal Jumat (28/10/2022). 

BACA JUGA : Berisiko Memicu Kanker, Unilever Tarik Sampo Dove hingga TRESemme

Dengan demikian, BPOM akan terus memantau isu Benzen dalam kosmetika dan berkoordinasi dengan kementerian/lembaga, pakar, akademisi, asosiasi, dan lintas sektor terkait baik di tingkat nasional maupun internasional.

Sebagai informasi, Benzena merupakan bahan kimia yang ditemukan secara alami di lingkungan. Seperti dalam minyak mentah atau bensin. Benzena juga bisa digunakan untuk memproduksi plastik, pelumas, pewarna, dan deterjen.

Follow Berita Okezone di Google News

(hel)