Share

Pembuluh Darah Pecah di Otak Apakah Bisa Sembuh? Klik di Sini

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Rabu 26 Oktober 2022 13:33 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Pembuluh Darah (Foto: Istimewa)

PEMBULUH darah pecah di otak apakah bisa sembuh menarik untuk dibahas. Pecahnya pembuluh darah di otak pernah dialami oleh komdedian Tukul Arwana.

Tukul Arwana mengalami kondisi tersebut pada Semptember 2021 lalu dan segera ditangani oleh pihak medis di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (PON), Jakarta Timur. Setelah menjalani perawatan, Tukul Arwana dikabarkan membaik.

Dari kondisi Tukul Arwana tersebut, banyak orang yang bertanya mengenai apa itu pembuluh darah pecah di otak dan apakah bisa sembuh? Simak penjelasannya berikut ini.

Hal itu bisa dilihat dari pendarahan otak yang dialami. Pendarahan otak merupakan salah satu jenis stroke yang disebut sebagai brain hemorrhage. Kondisi ini disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah arteri di dalam otak.

Pembuluh darah

Pendarahan tersebut bisa menyebabkan iritasi dan pembengkakan pada otak atau celebral edema. Ketika darah menggenang dan menggumpal, maka bisa menyebabkan tekanan yang lebih besar pada jaringan otak. Akibatnya, aliran darah menjadi terhambat dan sel-sel otak bisa mati.

Follow Berita Okezone di Google News

Jika kondisi tersebut tidak segera ditangani, maka penderita bisa mengalami bahaya yang sangat fatal.

Dilansir dari Medical News Today, sejumlah faktor dapat menyebabkan seseorang mengalami pendarahan otak. Seperti:

-Adanya trauma atau cedera pada kepala

-Munculnya aneurisma serebral atau tonjolan yang melemah pada arteri otak

-Tekanan darah tinggi

-Kelainan pembuluh darah

-Gangguan pendarahan

-Penyakit hati

-Tumor otak

-Mengkonsumsi obat-obatan terlarang

 Gejala pendarahan otak pada setiap penderita biasanya berbeda-beda. Penderita mungkin mengalami kesemutan, tubuh melemah, mati rasa, atau lumpuh di beberapa anggota tubuh, seperti wajah, lengan, atau kaki.

Apakah pembuluh darah pecah di otak bisa disembuhkan? Dilansir Okezone dari WebMD, kesembuhan pasien pendarahan otak tergantung dari ukuran pendarahan dan juga jumlah pembengkakan yang terjadi.

Sejumlah penderita bisa sembuh serta pulih total, namun ada juga yang mengalami komplikasi, seperti sroke, kehilangan fungsi otak, atau kejang-kejang.

Demikian pembahasan mengenai pertanyaan Pembuluh Darah Pecah di Otak Apakah Bisa Sembuh?.

(RIN)

1
2