Share

Lagi Hamil? Hindari Makan 4 Jenis Ikan Ini Ya!

Kiki Oktaliani, Jurnalis · Selasa 25 Oktober 2022 10:45 WIB
$detail['images_title']
wanita hamil, (Foto: Freepik)

SAAT hamil, calon ibu memang harus sangat memperhatikan asupan makanannya. Makanan yang dimakan oleh ibu hamil memang harus bernutrisi dan bergizi seimbang.

Selain itu, wanita yang sedang hamil juga harus hati-hati, menghindari beberapa jenis makanan tertentu. Salah satunya ikan, yang memang beberapa di antaranya sangat baik untuk orang yang sedang hamil. Tapi ingat ada pun jenis ikan yang harus dihindari saat Anda hamil.

Melansir Cleveland Clinic, Selasa (25/10/2022) ibu hamil dikatakan harus menghindari ikan yang tinggi kandungan merkurinya. Paparan merkuri terlalu banyak beracun bagi manusia dan dapat menyebabkan kerusakan otak atau keterlambatan perkembangan pada bayi.

Ditambah lagi, merkuri sulit dihilangkan oleh tubuh dan dapat menumpuk di sistem tubuh seiring waktu. Menurut pedoman dari ACOG, yang terbaik adalah menghindari ikan yang memiliki kadar merkuri tinggi, yakni ikan tuna mata besar, raja (king) makarel, ikan marlin, tilefish (Teluk Meksiko), hiu, dn ikan pedang.

Tidak hanya itu, wanita hamil juga sebaiknya menghindari ikan mentah dan setengah matang (contohnya olahan sushi dan sashimi). Sebab, ikan mentah punya risiko lebih tinggi mengandung bakteri, virus, dan parasit tertentu. Jika sebelumnya mungkin tak terlalu memengaruhi tubuh sebelum hamil, tapi virus, parasit dan bakteri tertentu ini bisa berbahaya bagi Anda dan janin ketika sedang hamil.

Begitu juga, dengan alasan yang sama direkomendasikan juga untuk tak mengonsumsi ikan atau kerang yang dibakar atau kurang matang.

Follow Berita Okezone di Google News

(rpa)

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.