Share

Hari Dokter Nasional 2022, Presiden Jokowi: Terima Kasih untuk Pengabdian Tanpa Pamrih

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 24 Oktober 2022 12:41 WIB
$detail['images_title']
Hari Dokter Nasional, (Foto: Freepik)

HARI Dokter Nasional diperingati setiap tahunnya pada tepat hari ini, Senin 24 Oktober 2022. Menilik sejarahnya, di tanggal inilah ikatan yang memayungi seluruh dokter di negeri ini mulai berdiri.

Dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan RI, Senin (24/10/2022), ternyata Hari Dokter Nasional diperingati setiap tanggal 24 Oktober karena di tanggal yang sama tepatnya pada 24 Oktober 1950 , Ikatan Dokter Indonesia (IDI) resmi berdiri dengan dasar hukum yang sah.

Dicetuskannya Hari Dokter Nasional ini bertepatan dengan mulai munculnya IDI, sebagai organisasi profesi kedokteran yang digawangi para pemimpin dan anggotanya hanya dokter Indonesia, atau dengan kata lain tak ada lagi dokter asing (Belanda).

Peringatan Hari Dokter Nasional di tahun ini, menjadi peringatan di tahun ketiga pada masa pandemi Covid-19. Pada masa pandemi ini, dokter dan seluruh tenaga kesehatan (nakes) memegang peranan paling penting dan menjadi garda terdepan dalam penanganan Covid-19 dari segala lini aspek.

 BACA JUGA:Kemenkes: 131 Korban Meninggal Akibat Gagal Ginjal Akut Kebanyakan dari Jakarta

BACA JUGA:Syarat Wajib Vaksin Meningitis Calon Jamaah Umrah, Kemenkes: Ikut Aturan Pemerintah Arab Saudi

Follow Berita Okezone di Google News

Jasa besar para dokter dan seluruh nakes ini pun, diapresiasi tinggi oleh Presiden RI, Joko Widodo. Dari pantauan Okezone di linimasa sosial media, melalui akun Twitter resminya, @jokowi, orang nomor satu di Indonesia tersebut mengucapkan terima kasih atas jasa, kerja keras, dan pengabdian dari para dokter dan semua tenaga medis di negeri ini.

(Foto: tangkapan layar Twitter @jokowi)

“Terima kasih para dokter dan segenap tenaga kesehatan untuk pengabdian tanpa pamrih, juga keteguhan untuk berada di garis depan menghadapi pandemi,” bunyi cuitan di akun Twitter resmi @jokowi.

Dalam cuitan yang ditulis sebagai keterangan foto gambar animasi karikatur suasana di ruang kamar rumah sakit tersebut, Presiden Jokowi juga menuliskan bahwa dedikasi semua dokter dan nakes di Indonesia sudah sangat menyelamatkan rakyat.

“Dedikasi para dokter dan tenaga kesehatan yang sepenuh hati telah menyelamatkan rakyat dan negeri ini,” pungkas Jokowi. 

Hingga berita ini ditulis, terpantau cuitan Presiden Jokowi tentang Hari Dokter Nasional 2022 tersebut sudah mendapatkan lebih dari 10 ribu likes dan diunggah ulang hampir 2000 kali oleh para netizen pengguna Twitter. 

1
2