Share

5 Makanan yang Bagus untuk Kesehatan Ginjal, Mudah Didapat!

Vivin Lizetha, Jurnalis · Jum'at 21 Oktober 2022 05:00 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (foto: Istimewa)

KASUS gangguan gagal ginjal pada anak membuat semua orang panik. Terutama orang tua yang memiliki anak balita. Pasalnya kebanyakan pasien penyakit misterius itu berasal dari anak berusia di bawah lima tahun.

Untuk itu, ada baiknya orang tua mulai memperhatikan kesehatan ginjal anak. Caranya dengan memberikan asupan yang baik untuk ginjal.

 makanan bagus untuk kesehatan ginjal

Dikutip dari Healthline, Kamis (20/10/2022), berikut makanan yang baik untuk kesehatan ginjal.

1. Kembang kol

Sayuran ini bergizi dan merupakan sumber nutrisi untuk vitamin C, vitamin K, dan vitamin B folat. Selain itu, juga terdapat natrium, kalium, fosfor yang bagus untuk kesehatan ginjal.

2. Anggur

Buah bulat kecil ini mengandung antioksidan yang dapat mengurangi peradangan. Buah ini juga kaya fosfor, kalium, dan natrium yang dibutuhkan ginjal agar dapat berfungsi dengan baik.

3. Putih telur

Meskipun kuning telur juga tinggi fosfor, namun putih telur lebih ramah untuk tubuh dan kesehatan ginjal. Natrium dan kalium pada putih telur lebih tinggi daripada fosfor yang tak boleh dikonsumsi berlebihan oleh tubuh.

Follow Berita Okezone di Google News

4. Bawang putih

Bawang putih dapat menggantikan fungsi garam yang harus dikurangi untuk menjaga kesehatan ginjal. Selain itu, kandungan mangan, vitamin C dan vitamin B6 dalam bawang putih bagus untuk tubuh karena bersifat anti inflamasi.

5. Nanas

Buah ini tergolong manis dan rendah kalium dibandingkan buah tropis lainnya. Kadar serat, mangan, vitamin C, dan bromelain dalam nanas dalam membantu mengurangi peradangan. Cocok dikonsumsi untuk mengatasi masalah ginjal.

1
2