Share

8 Tips Menjaga Kesehatan Ginjal, Nomor 5 Suka Dilupakan Banyak Orang

Astri Lawrensia, Jurnalis · Kamis 20 Oktober 2022 08:00 WIB
$detail['images_title']
kesehatan organ ginjal, (Foto: Freepik)

TENGAH ramai jadi perhatian pemerintah dan masyarakat, masalah gangguan ginjal akut. Terpantau sudah 206 anak dan 99 anak meninggal dunia terserang penyakit yang penyebabnya masih misterius ini.

Namun jangan salah, penyakit ginjal apa pun jenisnya bisa juga menyerang remaja, orang dewasa, dan orang berumur. Ginjal yang merupakan salah satu organ vital yang bekerja menyaring produk limbah, kelebihan air, dan kotoran lain dari darah ini harus sangat dijaga kesehatannya.

Dengan menjaga kesehatan ginjal, tubuh akan menyaring dan membuang limbah dengan baik dan menghasilkan hormon untuk membantu tubuh berfungsi dengan baik dan terhindar dari penyakit ginjal yang membahayakan seperti gagal ginjal.

Apa saja yang bisa dilakukan untuk memelihara kesehatan ginjal? Melansir Healhtline, Kamis (20/10/2022) simak paparan singkatnya di bawah ini.

1. Olahraga: Olahraga secara teratur dapat menurunkan risiko penyakit ginjal kronis dan juga dapat mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung untuk mencegah kerusakan ginjal. Tidak selalu harus melakukan olahraga berat, olahraga ringan seperti berjalan, berlari, bersepeda, dan bahkan menari juga sangat baik untuk kesehatan.

2. Mengendalikan gula darah: Orang dengan diabetes, suatu kondisi yang menyebabkan gula darah tinggi, dapat mengalami kerusakan ginjal. Ketika sel-sel tubuh tidak bisa menggunakan glukosa (gula) dalam darah, ginjal akan dipaksa bekerja ekstra keras untuk menyaring darah. Ini akhirnya bisa menyebabkan kerusakan ginjal, bahkan bisa mengancam jiwa.

3. Jaga tekanan darah: Secara umum, tekanan darah normal adalah 120/80. Jika seseorang memiliki tekanan darah secara konsisten di atas 140/90, kemungkinan besar memiliki tekanan darah tinggi. Jika mengalami kondisi itu, sebaiknya langsung memeriksakan diri ke dokter dan melakukan pemantauan tekanan darah secara teratur dan ubah gaya hidup serta jalani pola makan yang sehat.

4. Menjaga berat badan: Jalani diet sehat dengan tidak mengonsumsi makanan yang dapat merusak ginjal seperti daging olahan, dan makanan lainnya dapat membantu mengurangi risiko kerusakan ginjal. Jaga kesehatan ginjal, bisa mengonsumsi makanan dan bahan-bahan segar yang secara alami rendah sodium, seperti kembang kol, blueberry, ikan, biji-bijian, dan banyak lagi.

Follow Berita Okezone di Google News

5. Tetap terhidrasi: Ini simpel tapi suka dilupakan banyak orang karena dalih banyak kesibukan. Air membantu membersihkan natrium dan racun dari ginjal. Usahakan setidaknya minum 1,5 hingga 2 liter air dalam sehari. Terutama untuk orang yang sebelumnya memiliki batu ginjal, harus minum lebih banyak air untuk membantu mencegah timbunan batu ginjal di masa depan.

6. Jangan merokok: Merokok merusak pembuluh darah tubuh. Hal ini menyebabkan aliran darah lebih lambat ke seluruh tubuh dan ke ginjal. Ketika ginjal tidak memiliki aliran darah yang memadai, ginjal tidak dapat berfungsi pada tingkat yang optimal. Merokok juga sangat berpengaruh pada peningkatan risiko tekanan darah tinggi dan kanker ginjal.

7. Berhati - hati dalam mengonsumsi obat – obatan: Jika seseorang sering minum obat pereda nyeri dan obat - obatan yang dijual bebas, kemungkinan besar itu dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti ibuprofen dan naproxen, dapat merusak ginjal jika seseorang meminumnya secara teratur untuk nyeri kronis, sakit kepala, atau radang sendi.

8. Tes fungsi ginjal: Jika seseorang berisiko tinggi mengalami kerusakan ginjal atau penyakit ginjal, ada baiknya untuk melakukan tes fungsi ginjal. Orang-orang yang lebih berisiko mengalaminya seperti orang berusia di atas 60 tahun, orang yang lahir dengan berat badan rendah, orang dengan penyakit kardiovaskular, orang dengan riwayat penyakit tekanan darah tinggi, dan orang yang gemuk (obesitas). Tes fungsi ginjal secara teratur, merupakan cara baik untuk mengetahui kesehatan ginjal seseorang yang bisa membantu memperlambat atau mencegah kerusakan di masa mendatang.

 BACA JUGA:Jessica Iskandar Idap Tiroid, Apa Saja Gejalanya?

BACA JUGA:Mendiang Istri Drummer NOAH Idap Kanker Pembuluh Darah, Apa Gejalanya?

(rpa)

1
2