Share

206 Kasus Gangguan Ginjal Akut, 99 Dinyatakan Meninggal Dunia

Syifa Fauziah, Jurnalis · Rabu 19 Oktober 2022 13:31 WIB
$detail['images_title']
Anak kena gagal ginjal akut (Foto: Lost a helping hand)

KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) melaporkan total kasus gangguan ginjal akut misterius di Indonesia mencapai 206 orang per Selasa (18/10). Dari ratusan kasus itu, 99 orang di antaranya dinyatakan meninggal dunia.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Mohammad Syahril mengatakan, jumlah kasus tersebut diambil dari 20 provinsi di Indonesia.

 anak kena gangguan ginjal akut

"Angka kematian pasien yang dirawat, khususnya di RSCM sebagai rumah sakit rujukan nasional ginjal itu mencapai 65 persen," ujar Syahril dalam Webinar, Rabu (19/10/2022).

BACA JUGA:Marak Kasus Gangguan Ginjal Akut, Kemenkes Larang Minum Obat Cair Termasuk Vitamin!

Syahril menjelaskan kematian pasien dengan penyakit gangguan ginjal akut ini cukup tinggi. Hal itu karena sudah memasuki fase yang cukup parah.

Follow Berita Okezone di Google News

Dia menyebut, ginjal salah satu orang tubuh yang sangat penting. Bila bermasalah akan berpengaruh pada organ lain. Untuk itu, bila si kecil mengalami gejala seperti jarang buang air kecil atau jumlah urin berkurang, segera dibawa ke dokter.

"Ketika masuk ke fase itu, saat ini disampaikan ke masyarakat untuk lebih waspada dan lebih cepat lakukan tindakan apabila ada gejala, seperti frekuensi kencing berkurang dan jumlah kencing sedikit, disertai demam, batuk dan pilek, tapi itu tidak selalu," pungkasnya.

1
2