Share

Kenali Filariasis Alias Penyakit Kaki Gajah Ditandai Pembengkakan Tungkai, Lengan dan Dada

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Selasa 18 Oktober 2022 09:51 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Penyakit Filariasis(Foto: Boldsky)

FILARIASIS atau penyakit kaki gajah merupakan salah satu penyakit yang kerap ditemui di daerah tropis seperti Indonesia. Penderita penyakit ini akan mengalami pembengkakan pada tungkai, lengan, dada, dan beberapa bagian tubuh lain.

Kondisi ini terjadi karena adanya infeksi parasit cacing filaria. Melansir dari WHO, pada 2020 sekitar 863 juta orang dari 50 negara memerlukan kemoterapi preventif untuk menghentikan penyebaran infeksi penyakit ini.

Kaki Gajah

Filariasis memiliki gejala utama pembengkakan pada tungkai, karena inilah penyakit filariasis disebut sebagai kaki gajah. Tak hanya di bagian kaki, pembengkakan juga bisa muncul pada bagian kelenjar tubuh lain, seperti kelamin, dada, atau lengan.

Pada awalnya penderita tidak akan merasakan gejala yang menganggu. Sehingga banyak kasus filariasis yang terlambat ditangani. Meski demikian, pada sebagian kasus pembengkakan juga bisa muncul di tahap awal. Seperti pembengkakan di pembuluh dan kelenjar getah bening.

Follow Berita Okezone di Google News

Bagian tubuh yang terkena filariasis akan membengkak dan menebal. Warnanya juga menjadi lebih gelap serta menjadi pecah-pecah. Kondisi tersebut tidak bisa kembali seperti sedia kala karena sudah masuk ke dalam fase kronik. 

Dikutip dari WHO, penyebab utama dari penyakit filariasis adalah infeksi parasit cacing gelang dari famili filariodidea. Berikut tiga jenis cacing filaria yang menyebabkan penyakit filariasis atau kaki gajah.

Penderita filariasis harus segera memeriksakan dirinya ke dokter. Pengobatan yang dilakukan biasanya bertujuan untuk meredakan infeksinya agar tidak menjadi lebih buruk. Sejumlah obat bisa mengurangi jumlah parasit yang telah menginfeksi tubuh, seperti ivermectin, albendazole, atau diethylcarbamazine. 

Obat-obatan tersebut akan membuat parasit mati dan pembengkakakn ssedikit mereda. Namun, jika pembengkakan ada di tungkai kaki biasanya tidak bisa kembali seperti sediakala. Cara untuk merawatnya adalah:

Anda bisa datang ke dokter jika mengalami pembengkakan pada kelenjar getah bening, terlebih jika Anda tinggal di tempat yang banyak terjadi kasus kaki gajah atau setelah pergi ke tempat-tempat endemik kaki gajah.  Dokter akan mendiagnosis Anda dengan tanya jawab. Setelah itu, dokter akan melakukan peeriksaan fisik dan pengambilan sampel darah untuk di tes. Jika perlu, pasien akan menjalani pemeriksaan penunjang, seperri USG, rontgen, atau tes urin. 

Itulah penjelasan mengenai penyakit filariasis yang perlu diketahui. 

(RIN)

1
2