Share

Bikin Dokter Syok, Wanita Ini Lupa Melepas 23 Lensa Kontak di Matanya!

Putra Syah Norens, Jurnalis · Selasa 18 Oktober 2022 17:15 WIB
$detail['images_title']
pemakaian lensa kontak, (Foto: Freepik)

SEORANG dokter mata bernama dr. Kurteeva di Newport Beach, California, AS dibuat sangat terkejut saat memeriksa pasiennya, seorang wanita lansia berusia 70 tahun baru-baru ini.

Kejadian ini bermula ketika pasien lansia yang tak disebutkan identitasnya tersebut memeriksakan diri ke dr. Kurteeva dengan keluhan di matanya. Sang wanita merasa penglihatannya berangsur-angsur menjadi kabur, dengan dan rasa sakit tajam yang tidak lagi bisa ditahan.

Kepada dr. Kurteeva, si pasien memberi tahu bahwa dia merasa ada sesuatu di matanya yang tidak bisa dikeluarkan. Awalnya, sebagai dokter ia mengira di mata pasiennya itu ada lensa kontak yang rusak atau ada bekas sisa-sisa riasan mata yang tertinggal.

Namun saat Dr. Kurteeva menggunakan spekulum kelopak mata untuk menahan kelopak mata atas dan bawah pada saat yang sama, dia melihat ada beberapa tepi lensa saling menempel di mata wanita itu.

Ia pun segera mengeluarkan lensa kontak yang menempel tersebut menggunakan Q-tip (korek kuping), saat proses mengeluarkan lensa kontak, dr. Kurteeva syok karena bukan hanya satu lensa kontak yang ia keluarkan namun total sebanyak 23 lensa kontak menumpuk di mata pasien itu, melansir Dailymail, Selasa (18/10/2022).

(Foto: Instagram @California_eye_associates)

“Sebagai dokter selama 20 tahun, saya belum pernah melihat kejadian seperti ini,” ungkap Dr. Kurteeva.

Follow Berita Okezone di Google News

Setelah 23 lensa kontak dikeluarkan dari matanya, wanita itu bisa bernapas lega sekaligus sama terkejutnya ketika mengetahui ada 23 lensa kontak bekas menumpuk di matanya.

Dari keterangan Dr. Kurteeva, pasien wanita tersebut sudah memakai lensa kontak selama 30 tahun dan sudah dua tahun absen dari jadwal periksa mata.

“Saya bingung dan tidak tahu bagaimana pasien lupa melepas lensa kontaknya selama ini. Pasien itu beruntung ia tidak kehilangan penglihatannya atau menderita infeksi,” tambah Dr. Kurteeva.

Disebutkan bahwa jika seseorang memakai lensa untuk waktu yang lama, ujung saraf kornea akan menjadi tidak peka, kemungkinan inilah yang membuat wanita lansia itu tidak merasakan ada 23 kontak lensa bekas menumpuk di matanya.

Usianya mungkin juga bisa menjadi faktor, kata Dr. Kurteeva. hal ini dikarenakan orang yang sudah lanjut usia memiliki forniks kelopak mata yang jauh lebih dalam di area yang paling tidak sensitif. Sehingga lensa kontak bisa tetap ada di mata selama bertahun-tahun tanpa mengganggunya.

 

(Foto: Instagram @California_eye_associates)

Kini, satu bulan setelah pengangkatan, penglihatan sang pasien sudah kembali normal dan kondisi kesehatannya sudah jauh lebih baik.

Video pengangkatan 23 lensa kontak ini pun kemudian viral dan sudah dilihat oleh jutaan orang. Seiring dengan viralnya video tersebut. Dokter Kurteeva memperingatkan setiap orang untuk jangan sampai lupa melepas lensa kontak yang dipakai seharian saat malam hendak mandi dan tidur.

Selain itu, ia juga menyarankan untuk tidak terlalu sering mengandalkan lensa kontak dan mengistirahatkan mata.

 BACA JUGA:Puluhan Anak Meninggal karena Gangguan Ginjal Akut, Potret Buruknya Sistem Kesehatan Indonesia?

BACA JUGA:Ahli Epidemiologi: Pemerintah Harus Tetapkan Kasus Gangguan Ginjal Akut Jadi KLB

1
3