Share

Wow! Dengar Suara Kicau Burung Disebut Bisa Kurangi Kecemasan dan Paranoid

Putra Syah Norens, Jurnalis · Selasa 18 Oktober 2022 13:25 WIB
$detail['images_title']
kecemasan dan paranoid, (Foto: Freepik)

SELAIN menenangkan, ternyata suara kicauan burung dapat membantu untuk mengurangi rasa kecemasan dan paranoid.

Hal ini diungkap menurut satu studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Nature Portfolio Scientific Reports yang dilakukan oleh sekelompok tim peneliti Jerman. Tim peneliti mencoba menyelidiki efek kebisingan lalu lintas perkotaan versus kicau burung alami pada suasana hati dan kinerja kognitif dari peserta studi.

Dalam percobaan online secara acak, para peneliti memaparkan hampir 300 peserta sehat ke dalam rekaman audio satu dari empat kondisi selama enam menit. Suara tersebut terdiri dari kebisingan lalu lintas rendah, kebisingan lalu lintas tinggi, lanskap suara kicau burung rendah, dan kicau burung dengan keragaman tinggi.

Sebelum dan sesudah terpapar suara, para peserta diberi tugas untuk menilai kognisi dan juga mengisi kuesioner depresi, kecemasan, dan paranoia.

Hasilnya? Dilansir dari Newsweek, Selasa (18/10/2022) tim peneliti mendapati ada bukti efek menguntungkan dari kicauan burung terkait pada suasana hati dan gejala paranoid.

Studi tersebut menunjukkan bahwa, paparan singkat suara kicau burung mengurangi keadaan cemas dan paranoid pada subyek (orang peserta studi) sehat, terlepas dari apakah kicau burung berasal dari dua spesies burung yang berbeda atau lebih, yaitu kondisi keanekaragaman rendah versus tinggi.

Follow Berita Okezone di Google News

Sementara itu, paparan singkat terhadap suara kebisingan lalu lintas umumnya memperburuk keadaan depresi, terutama jika klip audio melibatkan banyak sumber suara lalu lintas yang berbeda.Dalam eksperimen ini, baik kicau burung maupun kebisingan lalu lintas tidak punya dampak nyata pada kinerja kognitif, yaitu memori kerja.

Menurut Emil Stobbe, selaku penulis studi dengan Lise Meitner Group, hasil penelitian memiliki beberapa implikasi bagi pemahaman manusia tentang bagaimana lingkungan mempengaruhi kesejahteraan diri kita.

"Kehadiran kicau burung mungkin merupakan indikasi halus dari lingkungan alam yang utuh yang menandakan ruang aman yang vital, berharga secara biologis, dan bebas ancaman bagi manusia. Ini mungkin menjelaskan efek menguntungkan dari berkurangnya kecemasan dan paranoia,” kata Emil.

"Penjelasan alternatifnya adalah bahwa manusia pada umumnya dapat mengasosiasikan pengalaman positif dengan suara alami, seperti kicau burung, yang ketika suara terdengar, mengaktifkan ingatan ini dan menghilangkan stres," tambahnya.

Menariknya hasil penelitian dari studi tim peneliti di Jerman inim juga didukung oleh penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa menghabiskan waktu di lingkungan alami bisa membantu mengurangi gejala stres atau kecemasan dan memberikan manfaat umum untuk kesejahteraan.

"Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa alam, terutama kicau burung, air dan angin, berlawanan dengan suara buatan manusia, terkait dengan hasil kesehatan mental yang lebih baik. Kami beralasan bahwa mempelajari soundscapes seperti itu, bisa jadi cara yang menjanjikan untuk mempengaruhi kondisi mental (seseorang)," tutup Emil.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.