Share

Suka Marah-Marah, Gejala Hipertensi?

Kevi Laras, Jurnalis · Selasa 18 Oktober 2022 08:00 WIB
$detail['images_title']
hobi marah-marah, (Foto: Freepik)

KITA pasti pernah mendengar di kehidupan sehari-hari, ungkapan seseorang yang hobi atau gampang marah pasti punya tekanan darah tinggi alias mengidap hipertensi.

Sehingga banyak yang menganggap, gampang emosi hingga marah adalah salah satu gejala pasti dari penyakit hipertensi.

Namun, sebagaimana diungkap dokter spesialis penyakit dalam, dr. Endemina Theresia Sp.Pd-Finasim, anggapan yang sudah sangat melekat di kalangan masyarakat awam ini, tidaklah sepenuhnya benar.

"Sebenarnya, enggak begitu, orang marah-marah terus hipertensi,” kata dr. Endemina, kala dalam gelaran Health Talk Tips Menghindari Penyakit Kronis Agar Hidup Menjadi Lebih Manis di Inews Tower, belum lama ini.

“Biasanya karena ia menderita hipertensi, mengeluhkan mungkin badannya tidak enak jadi nyeri," lanjutnya.

Rasa nyeri karena kondisi tubuh yang tidak optimal yang dirasakan tersebut itulah, disambung dr. Endemina yang jadi bisa menjadi pemicu seseorang mudah tersulut emosi.

Follow Berita Okezone di Google News

"Sehingga lebih mudah atau gampang emosi, ya karena kondisi badannya tidak enak," kata dr. Endemina lagi.

Menariknya, menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO) kebanyakan orang dengan hipertensi, tidak menyadari sudah sakit, karena tidak memiliki tanda atau gejala sebagai sinyal peringatan.

Meski, sebetulnya secara umum jika mengalami hipertensi, orang tersebut biasanya akan mengalami sederet gejala. Mulai dari sakit kepala di pagi hari, mimisan, irama jantung tidak teratur, perubahan penglihatan, dan telinga berdengung.

Bahkan jika levelnya sudah berat dapat menyebabkan kelelahan, mual, muntah, kebingungan, kecemasan, nyeri dada, hingga tremor otot.

 BACA JUGA:Ramai Gangguan Ginjal Akut Misterius Pada Anak, Ini 5 Tips Keamanan Obat yang Orang Tua Wajib Tahu

BACA JUGA:Hari Mata Sedunia, Ini 3 Tips Merawat Penglihatan!

1
2