Share

Fakta Terbaru! 45 Persen Orang Indonesia Belum Pernah Periksa Mata

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Minggu 16 Oktober 2022 10:00 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (foto: istimewa)

MASALAH mata tidak bisa dikesampingkan. Kasusnya semakin bertambah setiap tahunnya. Bahkan, menurut satu studi, diprediksi pada 2050 sebanyak 1,75 miliar orang alami kehilangan kemampuan penglihatan.

Studi International Agency for the Prevention of Blindness (IAPB) 2020, menunjukkan bahwa 1,1 miliar orang di dunia mengalami kehilangan kemampuan penglihatan dengan tingkat keparahan mulai dari ringan, berat, hingga kebutaan total dan diprediksi terus meningkat hingga 1,75 miliar orang di 2050.

 kesehatan mata

Risiko ini semakin mengkhawatirkan karena di Indonesia, belum semua orang punya kesadaran untuk melakukan pemeriksaan mata. Tentunya ini akan meningkatkan risiko masalah mata di kemudian hari, karena tidak terlacak masalahnya.

Menurut survei Hello Heart pada 2021, diketahui 45 persen masyarakat Indonesia belum pernah sama sekali memeriksakan matanya. Dari survei tersebut, didapat fakta di lapangan bahwa masyarakat baru merasa urgensi untuk cek mata bila mulai mengalami penglihatan rabun atau gejala lain yang tak biasa. Bahkan, hanya 1 dari 10 orang yang benar-benar pergi ke dokter spesialis mata sebagai bagian dari pemeriksaan rutin.

"Data ini mengindikasikan bahwa rendahnya kesadaran masyarakat untuk memeriksakan mata disebabkan minimnya wawasan," kata Robert Gardiner, selaku pemerhati kesehatan mata.

Edukasi ke masyarakat dinilai sangat penting untuk mengingatkan betapa penting yang namanya memeriksakan kesehatan mata langsung ke dokter spesialis mata. Dengan meningkatkan kesadaran dan edukasi pentingnya kesehatan, termasuk kesehatan mata, itu akan meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat secara merata.

"Karena itu, penting untuk mengedukasi masyarakat, termasuk anak muda dan perempuan, sehingga itu bisa menjadi pengalaman yang membuka pandangan serta memicu munculnya kesadaran dan perubahan perilaku dalam perawatan kesehatan mata," tambah Robert.

Follow Berita Okezone di Google News

(vvn)