Share

Studi: Orang Ekstrovert Jago di Ranjang tapi Rentan Obesitas

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 17 Oktober 2022 08:00 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Freepik)

TIPE kepribadian yang dimiliki seseorang, ternyata bisa berhubungan dengan kesehatan.

Inilah yang diungkap dari suatu studi penelitian terbaru yang dilakukan para peneliti di Jerman yang diterbitkan awal tahun ini.

Studi dilakukan tim peneliti dengan melakukan meta-analisis pada delapan studi lain yang mengukur kinerja dan loyalitas pasangan di seluruh sifat kepribadian. Hasilnya? Peneliti mendapati bahwa orang-orang dengan kepribadian ekstrovert adalah individu yang hebat di ranjang meski bukan kelompok orang yang paling setia.

“Kepribadian tidak hanya membentuk preferensi seseorang untuk seks. Itu (kepribadian) juga membentuk perilaku seseorang dalam hubungan seksual. Perilaku ini memiliki pengaruh pada kualitas dan kuantitas seks dan, karenanya, pada kesejahteraan seksual orang tersebut dan pasangannya,” bunyi laporan studi.

Namun tidak hanya itu, dari studi yang dilakukan peneliti Jerman sejak 2019 mengumpulkan data dari hampir 20.000 orang pada tipe kepribadian dan indeks massa tubuh (BMI) tersebut juga ditemukan kalau orang ekstrovert rentan mengalami obesitas.

Follow Berita Okezone di Google News

Periset mengatakan, kecenderungan tersebut kemungkinan karena seseorang dengan kepribadian yang lebih ramah dan menyenangkan, lebih cenderung suka makan makanan ringan dan aktif bersosialiasi melakukan aktivitas yang akan membuat mereka menjadi lebih gemuk, dilansir dari The Sun, Senin (17/10/2022).

“Peserta studi yang lebih tinggi pada Neuroticism atau Extraversion, terlihat memiliki BMI lebih tinggi. Asosiasi ini direplikasi di seluruh lemak tubuh, pinggang, dan lingkar pinggul,” keterangan dalam studi.

Nah, menariknya tim peneliti dari National Institutes of Health pada tahun 2012 diketahui juga memiliki temuan serupa. Kala itu tim peneliti menuliskan kalau Berat badan pada akhirnya, mencerminkan perilaku dan gaya hidup kita, serta berkontribusi pada cara kita dalam memandang diri kita sendiri dan orang lain.

 BACA JUGA:Lesti Kejora Rujuk dengan Rizky Billar, Ini Kata Psikolog Pernikahan!

BACA JUGA:Penyebab Gangguan Ginjal Akut Anak Masih Misteri, Kemenkes: Kami Butuh Waktu

1
2