Share

Mulai Muncul di Usia 18 Tahun, Ini 3 Jenis Penyakit Kronis Paling Sering Menyerang

Kevi Laras, Jurnalis · Sabtu 15 Oktober 2022 12:15 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Penyakit Kronis. (Foto: Shutterstock)

SEMAKIN usia kita bertambah, memang kondisi tubuh kita juga akan mengalami perubahan. Selain kondisi fisik yang berubah, kita memang lebih rentan terpapar penyakit.

Dokter Endemina Theresia Sp.Pd-Finasim, Dokter Spesialis Penyakit Dalam RSHB menyebut, sekira 20 persen penyakit kronis menyasar usia 18 tahun ke atas. Penyakit Kronis diketahui istilah yang artinya penyakit tertentu bisa timbul sewaktu-waktu, secara berulang, dalam waktu lama, dan dapat bertambah parah dalam jangka waktu tertentu.

"Sekira 20 persen untuk usia di atas 18 tahun, yang banyak itu pada usia 40-50 tahun," kata dia dalam Health Talk Tips Menghindari Penyakit Kronis Agar Hidup Menjadi Lebih Manis di Inews Tower.

Penyakit Kronis

Sehubungan dengan itu, pola makan sehat sangatlah dianjurkan. Sebab apa yang dikonsumsi atau dilakukan saat usia muda, merupakan tabungan atau deposit untuk di masa mendatang.

Adapun penyakit kronis yang dijelaskan dr Endemina adalah hipertensi, diabetes dan kolesterol. Ketiga penyakit bisa biasa menyasar usia dewasa, ternyata anak-anak juga.

"Kalau usia 30 tidak terlalu banyak, karena saya bilang apa yang kita lakukan di usia muda baru, akan muncul diusia lanjut kecuali faktor genetiknya kuat," jelasnya.

"Kita harus jaga pola hidup sehat, kalau bicara itu mudah ya tapi melaksanakannya tidak mudah," tambah dr Endemina.

Follow Berita Okezone di Google News

(mrt)