Share

Gejala Proses Penuaan, Salah Satunya Kulit Keriput dan Kusam

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Selasa 11 Oktober 2022 22:03 WIB
$detail['images_title']
Gejala penuaan (Foto: The naderi center)

SETIAP wanita sering takut usia makin menua. Sebab mereka khawatir kecantikan semakin memudar, apalagi proses penuaan terus berlangsung dimulai sejak berusia 25 tahun.

Kepala Pusat Studi Anti-Aging Medicine Indonesia (INCAAM), Prof. Dr. dr. Wimpie Pangkahila, Sp.And (KSAAM) menjelaskan, proses penuaan dimulai dengan menurunnya fungsi berbagai organ tubuh. Akibat penurunan fungsi itu, maka muncul berbagai tanda dan gejala proses penuaan seperti kulit keriput, kusam dan bernoda, massa otot berkurang, massa lemak meningkat, daya ingat berkurang, sulit tidur hingga terganggunya fungsi seksual.

 penuaan

"Umumnya sebagian besar orang pasrah dengan proses penuaan yang dialami sehingga menjadi tua, sakit dan akhirnya menurunkan kualitas hidup," ujar dr. Wimpie.

Menurut ilmu Anti Aging Medicine, terang dr. Wimpie, sebagian besar penyebab proses penuaan dapat dihindari atau diatasi seperti radikal bebas, gaya hidup yang tidak sehat, diet yang tidak sehat, polusi, stres bahkan hormon yang menurun.

 BACA JUGA:7 Penyakit Kulit Sementara, Nomor 1 Paling Banyak Dialami

Jika faktor-faktor ini dapat dihindari atau diatasi maka proses penuaan tentu seperti penyakit yang dapat dicegah dan diobati sehingga kualitas hidup dapat dipertahankan menjadi lebih baik walaupun usia terus bertambah.

Follow Berita Okezone di Google News

Senada dengan dr. Wimpie, menurut dr. Haekal Anshari, M. Biomed (AAM) Medical Director QuickGlam, proses penuaan sebetulnya dapat ditangani dengan perawatan klinis secara komprehensif dan menyeluruh, baik dari dalam maupun luar tubuh kita.

"Proses penuaan dimulai dari tingkat sel pada tubuh, serta tercermin ke dalam bentuk tubuh dalam satu kesatuan yang utuh," ujarnya.

Di zaman yang serba modern dan teknologi yang terus berkembang, berbagai penyebab penuaan telah dapat dihindari dan diatasi, misalnya saja, proses penuaan kulit diatasi dengan treatment estetik, penuaan bentuk badan yang berubah gemuk, bergelambir, diatasi dengan dengan pengaturan program diet dan treatment menggunakan mesin yang sudah terbukti ilmiah.

Sedangkan radikal bebas diatasi dengan antioksidan, gaya hidup yang tidak sehat diperbaiki, hormon yang berkurang diobati termasuk memperbaiki fungsi seksual yang juga merupakan salah satu indikator kesehatan tubuh.

dr. Haekal Anshari, M. Biomed (AAM) Medical Director QuickGlam menambahkan, ultherapy merupakan terapi non-invasive menggunakan mesin untuk membantu meningkatkan produksi kolagen alami dari dalam tubuh sehingga kulit wajah dan leher menjadi lebih kencang dan cukup dilakukan satu kali untuk mencegah penuaan.

1
2