Share

Warning! Rambut Lepek dan Berketombe Jika Dibiarkan Bisa Bikin Botak

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Senin 10 Oktober 2022 13:22 WIB
$detail['images_title']
Rambut berketombe (Foto: African american hairstyles)

SAAT berhijab rambut memang tidak terlihat, namun bukan berarti kita mengabaikan perawatannya. Meski jarang terpapar debu dan matahari langsung, namun rambut yang tertutup hijab juga mengalami banyak masalah lho.

Dermatologist & Content Creator, Dr. Danar W. Msc, SpDV menjelaskan, masalah rambut yang sering dialami wanita berhijab adalah ketombe, rambut lepek, dan juga bau. Dan bila dibiarkan akan mengalami masalah yang serius.

 berketombe

“Rambut lepek dan berketombe bila dibiarkan bisa menyebabkan kebotakan,” ujar Dokter Danar.

Meski demikian, Dokter Danar memberi solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memilih hijab dengan material yang dapat menyerap keringat, misalnya bahan katun.

"Saat ini teknologi semakin berkembang dan diikuti dengan jenis material kain untuk hijab. Jadi saat akan memakai hijab, coba pakai hijab dan dinginkan kepala dengan kipas angin. Bila angin menembus kulit kepala berarti sirkulasi udaranya bagus dan masih oke," jelasnya.

Selain itu, pastikan menggunakan hijab dalam keadaan rambut yang kering total.

 BACA JUGA:Kenali Dampak Negatif Bleaching Rambut, Jadi Cantik Sih Tapi Coba Pikir-pikir Lagi!

"Tapi keringkan rambut dengan kipas angin, jangan pakai hairdryer. Karena suhu panas yang tinggi dapat merusak kesehatan rambut," tuturnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dokter Danar menambahkan, kondisi rambut yang sering dilewatkan para wanita adalah ketika menguncir rambut saat akan memakai hijab. Jangan menguncir rambut dalam keadaan basah.

"Terus ikat rambut jangan terlalu kencang karena bisa sebabkan traction alopecia atau hairline muncul, bahkan bisa sebabkan kebotakan. Jadi ikat rambut secukupnya saja dan jangan pakai karet sayur," jelasnya.

Dan yang terakhir, pastinya pilih hair care yang sesuai dengan kebutuhan rambut.

1
2