Share

Manfaat Membersihkan Lidah, Biar Makin Harum

Rina Anggraeni, Jurnalis · Senin 10 Oktober 2022 09:01 WIB
$detail['images_title']
Manfaat Membersihkan Lidah (Foto: Shutterstock)

3 manfaat membersihkan lidah menarik untuk diulas. Lidah yang memiliki penampang lebih besar daripada gigi Anda, dapat menjadi pelabuhan besar bagi jutaan jenis bakteri.

Semua bakteri yang menumpuk bisa berasal dari lidah yang tidak dibersihkan, sehingga dapat menyebabkan bau mulut. Bau mulut adalah produk sampingan bakteri dalam mulut Anda, kata Marc Lowenberg, dokter gigi kosmetik dari New York City, Amerika Serikat.

Lidah

Cara terbaik untuk membersihkan lidah adalah dengan alat pembersih lidah. Ini akan memberi manfaat kumulatif seperti membuat napas lebih segar, mengurangi penumpukan plak, dan berpengaruh pada gusi sehat, kata Lowenberg.

Gunakan alat pembersih lidah dari pangkal mulut Anda dan tarik ke depan dua sampai tiga kali, katanya. Tidak peduli kapan Anda melakukannya, tapi untuk membuat ini menjadi kebiasaan, lakukanlah sekali sehari atau dua kali setelah menyikat gigi baik di pagi hari atau di malam hari.

Follow Berita Okezone di Google News

Berikut 3 manfaat membersihkan lidah dirangkum dari berbagai sumber:

1. Tingkatkan indera perasa Anda

Penelitian yang lebih lama menunjukkan bahwa membersihkan lidah dua kali sehari dapat meningkatkan indera perasa Anda. Lidah Anda mungkin dapat membedakan dengan lebih baik antara sensasi pahit, manis, asin, dan asam.

2. Membantu Mulut Anda Terasa Lebih Segar

Siapa yang tidak senang merasa bersih? Membersihkan lidah Anda pasti akan berkontribusi pada perasaan mulut yang lebih segar yang akan dinikmati oleh Anda dan orang lain.

3.Kurangi Kerusakan Lidah

Beberapa mikroba bermanfaat dalam membantu proses pencernaan di mulut, sedangkan yang lain menyebabkan kerusakan gigi, penyakit gusi, dan penumpukan plak. Dengan membersihkan lidah terhindar dari penyakit mulut.

(RIN)

1
2