Share

Gejala Laringitis, Ditandai dengan Demam Hingga Suara Hilang

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Sabtu 08 Oktober 2022 07:16 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Laringitis (Foto:O Google))

LARINGITIS merupakan kondisi peradangan yang terjadi pada laring. Hal tersebut bisa terjadi karena penggunaan laring yang berlebihan, sehingga menyebabkan iritasi dan infeksi.

Laringitis

Laring merupakan tempat dimana pita suara berada. Akibatnya, jika seseorang mengalami laringitis maka suaranya akan terdengar serak. Dalam beberapa kasus bahkan suara penderita hampir tidak terdengar dikarenakan tenggorokan yang sakit. 

Laringitis terbagi dua, yaitu laringitis akut dan laringitis kronis. Untuk mengetahui mengenai laringitis, berikut penjelasan lengkapnya.

Penderita laringitis mungkin akan mengalami gejala yang ringan dan sementara (laringitis akut), hingga gejala yang lebih serius dan berlangsung lama (laringitis kronis).

Follow Berita Okezone di Google News

Berikut beberapa gejala yang bisa saja dialami penderita laringitis:

-Munculnya rasa tidak nyaman pada tenggorokan.

-Tenggorokan terasa kering.

-Sakit pada tenggorokan.

-Batuk.

-Demam.

-Suara menghilang dan serak.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, laringitis terbagi menjadi dua, yaitu laringitis akut dan laringitis kronis. Masing-masing memiliki penyebab yang berbeda.

Laringitis akut  biasanya berlangsung dalam beberapa hari dan memiliki gejala yang ringan. Jenis laringitis yang satu ini bisa sembuh dengan sendirinya meski tanpa pengobatan.

Beberapa penyebab laringitis akut adalah cedera pada pita suara karena digunakan secara berlebihan, adanya infeksi virus, dan adanya infeksi bakteri.

Laringitis kronis meurpakan kondisi yang bisa berlangsung kurang lebih 3 minggu dengan gejala yang berat. Penyebabnya antara lain:

Laringitis biasanya bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu kurang lebih 1 minggu tanpa menggunakna obat-batan. Namun, jika diperllukan Anda akan diberikan resep obat-obatan berdasarkan penyebab laringitis oleh dokter.

Anda juga bisa melakukan beberapa hal di bawah ini untuk mengurangi laringitis yang sedang dialami:

-Banyak minum air putih dan hindari kafein atau alkohol.

-Menghirup inhaler dengan wangi mentol.

-Makan permen mint dan berkumur dengan air garam.

-Kurangi volume suara untuk mengurangi ketegangan pada pita suara.

-Hindari obat-obatan yang bisa membuat tenggorokan kering.

Hindari paparan zat yang bisa mengiritasi

-Berhenti merokok.

Demikian informasi lengkap mengenai laringitis.

(RIN)

1
3