Share

Alergi Air Hujan Bikin Gatal-gatal? Coba 5 Cara Ini untuk Mengatasinya

Wiwie Heriyani, Jurnalis · Jum'at 07 Oktober 2022 20:00 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi, (Foto: Freepik)

MUSIM hujan seperti sekarang bukan hanya rentan membuat flu, batik dan demam. Pada sebagian orang, air hujan bisa juga jadi pemicu reaksi alergi atau dalam istilh medis disebut dengan aquagenic urticaria.

Dikutip dari Healthline, Aquagenic urticaria merupakan salah satu bentuk alergi air hujan dan merupakan termasuk alergi langka. Alergi air hujan ini dapat menyebabkan ruam, gatal, dan nyeri pada kulit.

Selain menghindari air hujan sebagai faktor pemicu, pengobatan apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasi gatal di kulit akibat alergi air hujan? Dihimpun dari Healthline dan Dermnetnz, Jumat (7/10/2022) berikut lima langkah pengobatan yang bisa dilakukan.

1.Mandi: Jadi solusi pertama yang harus dilakukan saat telah terpapar air hujan. Dengan mandi, Anda bisa membersihkan tubuh dari atas kepala hingga ujung kaki dari kotoran dan alergen yang ada dari air hujan atau air genangan.

2.Minum air: Hidrasi tubuh dengan meminum air mineral, pastikan jangan minum air dari sumber alergi agar alergi tidak semakin parah ya!

3.Menghindari penyebab alergi: Tidak hanya air hujan, orang dengan alergi aquagenic urticaria bisa bereaksi terhadap air jenis apa pun, termasuk keringat dan air matanya sendiri loh! Maka dari itu sebagai tindakan pencegahan, usahakan tinggal di dalam rumah atau di dalam ruangan saat sedang hujan dan menghindari aktivitas yang menyebabkan keringat.

Follow Berita Okezone di Google News

4. Pengobatan medis: Bisa juga berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan obat yang dapat membantu meringankan gejala aquagenic urticaria, di antaranya;

a) Antihistamin: Biasa dipakai untuk mengurangi gatal-gatal akibat alergi apa pun jenisnya.

b) Krim anti gatal: Krim dan zat lain akan membentuk lapisan pelindung antara air dan kulit, sehingga bisa difungsikan untuk menghalangi kontak dengan air. Beberapa dokter merekomendasikan cara ini dicoba sebelum mengonsumsi antihistamin terutama anak-anak yang alergi terhadap air.

c) Omalizumab: Biasanya jadi salah satu jenis obat yang disarankan dokter. Obat ini disebutkan bisa menghilangkan semua gejala yang ditimbulkan alergi aquagenic urticaria.

d) Fototerapi: Terapi ini pakai sinar ultraviolet, yang bertujuan untuk menguatkan kulit dan membuatnya tidak terlalu sensitif terhadap air. Namun sayangnya, terapi ini masih kurang umum digunakan.

 BACA JUGA:6 Penyakit Kulit dan Cara Pengobatannya, Mulai dari Kurap hingga Ketombe

BACA JUGA:Tips Dokter Minum Kopi yang Aman Demi Jantung Sehat

1
2