Share

Sakit Gigi di Akhir Pekan, Atasi dengan 7 Cara Alami Ini!

Tim Okezone, Jurnalis · Minggu 09 Oktober 2022 06:00 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (foto: istimewa)

SAKIT gigi bisa terjadi karena beberapa sebab. Misalnya ketika gigi seseorang memiliki plak yang bisa merusak lapisan gigi. Plak terjadi karena Sisa makanan yang tidak dibersihkan dan berubah menjadi lapisan lengket atau lunak. Apabila lapisan lunak tidak dihilangkan, maka plak akan mengeras dan sulit untuk dihilangkan sehingga menimbulkan lubang.

Ketika gigi sudah berlubang dan mencapai saraf, maka ada rasa sakit yang bakal timbul. Selain plak, impaksi gigi juga dapat memberikan nyeri yang luar biasa. Impaksi yaitu gigi yang tak dapat tumbuh sehingga menekan saraf atau gigi yang lain, menimbulkan rasa sakit kepala yang menahun.

Nah, sebelum mengatasi sakit gigi tersebut, penting untuk mengetahui penyebab munculnya sakit gigi tersebut. "Ketika tubuh mengalami rasa sakit, mereka mengirimkan sinyal peringatan ke otak, memberi tahu kalau ada yang tidak beres. Ini pun terjadi pada sakit gigi," terang laman Interdent, dikutip Okezone.

Nah, berikut ini beberapa cara mengatasi sakit gigi yang bisa Anda coba di rumah:


1. Kompres gigi dengan air dingin


kompres es


Meletakkan kompres dingin ke sisi gigi yang sakit selama 20 menit dipercaya bisa menurunkan rasa sakit gigi. Jangan tempatkan batu es langsung ke gigi yang sakit, karena ini bisa memperparah ketidaknyamanan gigi yang sakit.


2. Kumur dengan air garam

Selain kompres air dingin, cara lain mengatasi sakit gigi adalah dengan kumur-kumur air garam. Cara ini dipercaya dapat membersihkan infeksi dan menghilangkan rasa sakit sementara. Pastikan tidak menelan air garamnya, ya.

3. Gunakan kantong teh peppermint

Kantong teh peppermint dipercaya memiliki sifat mati rasa sementara yang dapat meredakan nyeri gigi.

4. Cobalah bawang putih

Bawang putih dianggap bisa meredakan sakit gigi. Selain dapat membunuh bakteri berbahaya, bawang putih juga dapat bertindak sebagai pereda nyeri. Bawang putih bisa dikunyah langsung, kemudian meludahkannya jika sudah hancur.

Follow Berita Okezone di Google News

5. Kumur dengan larutan thyme

Larutan daun thyme dianggap bisa meredakan sakit gigi. Jika susah mendapatkannya, Anda bisa mengandalkan essential oil thyme yang diteteskan ke kapas dan ditempatkan di gigi yang sakit. 

6. Minum obat anti inflamasi

Nah, jika semua cara masih tidak berhasil maka Anda bisa mengurangi pembengkakan atau rasa nyeri pada gigi yang sakit dengan minum obat anti inflamasi. Obat yang dianjurkan biasanya yang mengandung ibuprofen. Jika tidak ada, bisa mengandalkan asetaminofen sebagai gantinya. 

7. Obat kumur 

Obat kumur pun dianggap bisa mengatasi nyeri pada gigi yang sakit. Sifat antimikroba khususnya pada obat kumur jambu biji dapat menumpulkan rasa sakit.

1
2