Share

7 Manfaat Orgasme Bagi Tubuh, Cegah Kanker Prostat Hingga Tumpas Stres

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Jum'at 07 Oktober 2022 17:00 WIB
$detail['images_title']
Orgasme (Foto: Gawker)

7 manfaat baik orgasme bagi tubuh harus Anda ketahui. Orgasme merupakan puncak kenikmatan dari hubungan seksual pada pria maupun wanita.

Rupanya, orgasme yang terjadi saat berhubungan intim tidak hanya bisa mempererat hubungan Anda dan pasangan. Namun di balik itu terdapat berbagai manfaat kesehatan.Orgasme

Berikut 7 manfaat baik orgasme bagi tubuh dirangkum dari berbagai sumber:

1. Bisa menurunkan kanker prostat

Dilansir dari Insider, British Journal of Urology International memaparkan bahwa orgasme atau ejakulasi pada pria yang terjadi sebanyak empat kali seminggu bisa menurunkan resiko kanker prostat hingga 30% pada pria di atas 50 tahun.

Follow Berita Okezone di Google News

2. Meningkatkan sistem imun

Sebuah penelitian mengatakan jika seks adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah flu biasa dan demam. Hal tersebut karena orgasme yang terjadi sebanyak satu hingga dua kali dalam seminggu bisa meningkatkan zat antibodi dalam tubuh.

3. Mengurangi stres

Saat seseorang mengalami orgasme, tubuh akan mengeluarkan hormon oksitosin. Hormon tersebut dapat membantu tubuh untuk melepaskan ketegangan sehingga kadar stres akan menurun. Akibatnya tubuh akan merasa lebih santai dan rileks.

4. Meningkatkan mood

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, ketika orgasme tubuh akan melepaskan hormon oksitosin. Selain bisa meredakan stres, hormon tersebut dapat membangkitkan mood sehingga Anda akan menjadi lebih bahagia setelah berhubungan intim.

5. Membantu mengatur siklus menstruasi

Para peneliti dari University of Pennsylvania dalam jurnal ilmiahnya, peer-revier Psychoneuroendocrinology menyebutkan jika orgasme yang terjadi secara teratur bisa membantu mengatur siklus menstruasi pada wanita.

6. Memperpanjang usia

Aktivitas seksual memiliki efek perlindungan pada kesehatan dan umur yang panjang. Sebuah studi menunjukan seseorang yang mengalami orgasme sebanyak dua kali atau lebih dalam seminggu cenderung berumur panjang. Karena mereka memiliki resiko terkena jantung koroner lebih rendah daripada mereka yang jarang mengalami orgasme.

7. Mendapat kualitas tidur yang baik

Orgasme juga bisa membantu Anda mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Hal ini karena lepasnya dopamin dan oksitosin dari tubuh bisa meningkatkan rasa damai sehingga Anda bisa beristirahat dengan nyaman.

Demikian 7 Manfaat Baik Orgasme Bagi Tubuh. Semoga bermanfaat.

(RIN)

1
3