Share

Ahli Kesehatan Gedung Putih: Akan Ada Varian Baru Covid-19 Lain Muncul Akhir Tahun Ini

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 07 Oktober 2022 11:54 WIB
$detail['images_title']
Dr. Fauci, (Foto: AP Photo/ Carolyn Kaster- Fox News)

SITUASI pandemi Covid-19 saat ini dinilai sudah melandai dan kondusif, seiring dengan turunnya angka kasus harian positif baru dan cakupan vaksinasi yang semakin ditingkatkan.

Namun, Dr. Anthony Fauci, kepala penasihat medis Gedung Putih baru-baru ini memperingatkan bahwa masyarakat dunia tidak perlu kaget jika varian Covid-19 baru muncul di musim dingin mendatang.

Saat hadir menjadi narasumber dalam suatu acara bersama dengan USC Annenberg Center for Health Journalism, Dr. fauci mengatakan memang sementara situasi pandemi melandai, tren seperti rawat inap turun secara. Namun, nyatanya tantangan masih ada di depan.

“Kita harus mengantisipasi bahwa kita mungkin mendapatkan varian lain yang akan muncul,” ujar Dr. Fauci, dikutip dari Fox News, Jumat (10/10/2022).

Varian baru dari virus penyebab infeksi Covid-19 tersebut, ia sebut memiliki kemampuan untuk menghindar dari imunitas yang diperoleh dari infeksi sebelumnya dan juga atau vaksinasi selama ini.

Follow Berita Okezone di Google News

“Varian lain yang akan muncul, yang akan menghindari respon imun yang kita dapatkan dari infeksi dan/atau dari vaksinasi. Intinya, selalu ada risiko peningkatan penyakit pernapasan selama bulan-bulan musim dingin,” tambahnya.

Berkaca dari pengalaman yang ada, di Amerika sendiri diketahui terjadi lonjakan kasus pada musim dingin lalu karena munculnya varian Omicron beserta mutasi sub-variannya yang lain.

“Ingat, musim panas 2021 itu muncul Delta lalu di musim dingin yakni November sampai Desember 2021, datang Omicron. Sejak saat itu, bermunculan banyak sublineage Omicron,” pungkas Dr. Fauci

BACA JUGA:IDI Ungkap Cara Virus Covid-19 Terus Lahirkan Berbagai Varian

BACA JUGA:Waspada! Subvarian Omicron BA2.75.2 Diprediksi Perpanjang Gelombang Ke-4 Covid-19

1
2