Share

Putri Nadya Hutagalung Pilih Gender Netral, Kenali Beda Istilah Androgini dan Panseksual

Vivin Lizetha, Jurnalis · Rabu 05 Oktober 2022 17:49 WIB
$detail['images_title']
Putri Nadya Hutagalung. (foto: Instagram)

ANAK Nadya Hutagalung tengah menjadi buah bibir. Ia memilih untuk mengganti gendernya menjadi netral. Selain itu, ia juga berubah nama dari Nyla menjadi "Alex."

Gender netral atau dikenal sebagai non-biner lebih dikenal sebagai identifikasi diri dengan tidak termasuk golongan perempuan atau laki-laki. Hal ini seringkali dikaitkan dengan tampilan atau ekspresi gender dan orientasi seksual.

 putri nadya hutagalung

Ada beberapa istilah yang sering menggambarkan kondisi tersebut. Yaitu androgini dan panseksual. Meski begitu, ada perbedaan arti dari istilah-istilah itu.

Dikutip dari berbagai sumber, androgini itu adalah pembagian peran yang sama antara maskulin dan feminim dalam waktu yang bersamaan. Pemikiran androgini menganggap bahwa kedua hal itu saling melengkapi satu sama lain sehingga tak bisa dipisahkan.

Konsep ini yang sering diterapkan oleh mereka yang open minded. Menganggap bahwa suatu karakter maskulin dan feminim itu saling berhubungan dan bersatu. Tak sedikit ibu pekerja di kota besar menerapkan konsep androgini ini.

Sedangkan jika berbicara tentang panseksual, dikutip dari video Youtube Deddy Corbuzier, adalah sebuah kondisi di mana seseorang memilii ketertarikan pada seseorang tanpa melihat jenis kelamin.

Istilah panseksual lahir dari kebingungan, dan untuk menciptakan label yang definitif dan lebih inklusif dalam melihat gender seseorang, dilansir dari Rolling Stone. Hal ini yang kemudian membuat biseksual dan panseksual menjadi abu-abu untuk digambarkan karena perbedaan yang tipis di antara keduanya.

(vvn)