Share

Kemenkes Minta Produsen Alkes Lokal Bisa Buat Rapid Tes Penyakit Endemi

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 05 Oktober 2022 13:36 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Freepik)

BELAJAR dari pandemi Covid-19, yang akhirnya memunculkan potensi para produsen alat kesehatan (alkes) lokal berhasil mengembangkan rapid test untuk Covid-19. Kementerian Kesehatan RI, menilai berarti produsen dalam negeri bisa membuat hal yang sama untuk penyakit endemi lain.

Dikatakan Direktur Produksi dan Distribusi Alat Kesehatan Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, Sodikin Sadek. Kemenkes meminta para produsen alkes dalam negeri untuk bisa mengembamngkan rapid test penyakit endemi Indonesia, seperti demam berdarah (DBD) hingga TBC.

"Kami cukup yakin bahwa Indonesia akan memiliki alat deteksi dini DBD hingga TBC berkaca dari pandemi Covid-19. Karena itu, kami mendorong sekali agar produsen alkes lokal agar mampu menciptakan Rapid Test beberapa penyakit lain yang masih menjadi endemi," terangnya saat diwawancarai langsung di kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Rapid tes semacam ini, dinilai sangat penting sebagai langkah deteksi dini penyakit di masyarakat luas bisa semakin tinggi. Seiring tingginya angka deteksi dini, negara bisa menentukan seperti apa upaya pencegahan penyakit yang tepat sesuai dengan epidemiologinya.

"DBD, TBC, mau pun pemeriksaan kadar HB pada remaja perempuan itu penting untuk bisa dideteksi sejak awal,” imbuhnya.

Deteksi semakin cepat ditambah upaya pencegahan dan penanganan yang tepat, maka beban pembiayaan pun bisa semakin ditekan.

“Ini pun tentunya akan meringankan beban pembiayaan pengobatan penyakit-penyakit tersebut maupun komplikasinya," ungkap Sodikin.

(rpa)