Share

6 Tips Ampuh Atasi Susah Tidur Usai Minum Kopi

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Selasa 04 Oktober 2022 23:04 WIB
$detail['images_title']
Minum kopi (Foto: Freepik)

USAI minum kopi seringkali mata melek susah tidur malam. Padahal besok harus bangun pagi untuk bekerja.

Lalu apa saja tips yang bisa dilakukan guna mengatasi susah tidur?

 minum susu

1. Minum Susu

Susu hangat telah lama menjadi alternatif bagi orang-orang yang mengalami masalah sulit tidur. Hal ini tidak mengherankan mengingat susu memiliki kandungan triptofan yang merupakan salah satu jenis asam amino yang memicu rasa kantuk.

Hal ini karena triptofan merupakan pemantik dari hormon serotonin yang membuat badan dan pikiran menjadi lebih rileks sehingga tidur menjadi lebih mudah dan nyenyak.

2. Mendengarkan Musik

Jika meminum susu tidak cukup efektif untuk membuat anda tertidur, mendengarkan musik mungkin bisa menjadi solusinya. Musik-musik klasik seperti permainan piano maupun biola bisa menjadi alternatif dalam memudahkan proses anda untuk tertidur. Mendengarkan musik klasik dapat membuat pikiran dan badan yang tegang menjadi lebih rileks sehingga memudahkan anda untuk tertidur.

 BACA JUGA:5 Alasan Mengapa Harus Tidur Cukup, Salah Satunya Agar Tubuh Langsing!

3. Mematikan Lampu

Beberapa orang ada yang bisa tidur dengan mematikan lampu kamar dan ada juga yang tidak. Jika anda termasuk golongan pertama, maka mematikan lampu bisa menjadi alternatif solusi dari masalah tidur anda. Hal ini karena dengan mematikan lampu, secara tidak langsung menstimulus pikiran dan badan kita untuk turut memejamkan mata mengingat kondisi yang gelap, yang pada akhirnya menyebabkan kita akan lebih mudah untuk tidur.

Follow Berita Okezone di Google News

4. Jauhkan Gadget Anda

Selama satu hari penuh, kita tidak bisa melepaskan diri dari gadget yang kita miliki karena tuntutan aktivitas. Kebiasaan ini kadang terbawa hingga malam hari yang mana merupakan waktu dimana kita seharusnya tidur atau beristirahat.

Mematikan dan menjauhkan gadget dari jangkauan bisa sangat membantu anda untuk lebih mudah tidur mengingat gadget mendatangkan banyak distraksi seperti mengundang hasrat untuk terus menonton video atau sekedar scrolling sosial media yang pada akhirnya menyebabkan anda semakin sulit untuk tidur.

5. Atur Suhu

Ciptakan suasana nyaman dengan mengatur suhu ruangan menjadi lebih sejuk. Dengan begitu tubuh dan pikiran jadi lebih tenang dan rileks sehingga mudah mengantuk.

6. Melakukan Peregangan Ringan Sebelum Tidur

Lelah bisa membuat tubuh ingin cepat beristirahat. Karena ingin segera tidur maka lakukanlah gerakan-gerakan peregangan kecil.

1
2