Share

Ini Fungsi Neck Collar, yang Dipakai Lesti Kejora saat di RS

Vivin Lizetha, Jurnalis · Selasa 04 Oktober 2022 12:20 WIB
$detail['images_title']
Lesti Kejora dan Rizky Billar. (Foto: Instagram)

SEBUAH foto beredar memperlihatkan Pedangdut Lesti Kejora terbaring lemah di tempat tidur sebuah rumah sakit. Matanya terpejam, dan bagian leher terdapat penyangga berwarna putih.

Pasca kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang ia alami, beredar kabar bahwa tulang leher Lesti bergeser. Apakah itu alasannya Lesti tampak mengenakan penyangga leher tersebut?

 neck collar

Dikutip dari WebMD, Selasa (4/10/2022), benda yang digunakan Lesti itu disebut neck collar atau cervical collar. Fungsinya menopang leher, tulang belakang, dan membatasi gerakan kepala setelah cedera. Tujuannya agar cedera cepat sembuh.

Bagian leher terdiri dari sebuah tulang yang dikelilingi otot dan saraf. Fungsi otot dan saraf adalah melindungi tulang agar tak retak atau patah. Namun terkadang, karena benturan keras atau gerakan yang salah, membuat otot atau saraf cedera.

Nah, untuk melindungi tulang leher tetap aman, maka pemasangan neck collar sangat dibutuhkan. Agar kepala dapat ditopangkan ke penyanggat tersebut hingga otot atau saraf di leher sembuh.

Neck collar ini hanya boleh dipakai sementara. Karena pemakaian yang berlebihan membuat otot lain yang tidak sakit menjadi kaku. Oleh karena itu diharapkan otot yang sakit segera menguat agar pemakaian neck collar tidak berkelanjutan.

Pemakaian neck collar yang berlebihan tak jarang membuat pengguna harus menjalani terapi gerak untuk menormalkan pergerakan leher.

(vvn)