Share

Waspadalah, Penyakit Jantung Tidak Hanya Menyerang Orang Lanjut Usia

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Minggu 02 Oktober 2022 15:09 WIB
$detail['images_title']
Penyakit jantung (Foto: Insider)

PENYAKIT jantung merupakan salah satu penyakit pembunuh nomor satu di dunia dan di Indonesia. Dikutip dari WHO pada tahun 2021, sekitar 17,8 juta kematian atau satu dari tiga kematian di dunia setiap tahunnya disebabkan oleh penyakit jantung.

Hospital Director, Siloam Hospitals Lippo Village dr. Jeffry Oeswadi, MARS mengatakan, saat ini penyakit jantung tidak lagi hanya menyerang orang di lanjut usia. Penyakit jantung juga bisa menyerang yang berusia lebih muda.

 sakit jantung

Pola hidup yang tidak sehat menjadi salah satu penyetus utama sesorang mengidap penyakit jantung di usia dini. Oleh karena itu, pihaknya terus berkomitmen untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat Indonesia.

"Kami terus mengedepankan pencegahan penyakit jantung agar penanganan dini dapat dilakukan lebih baik,” ujar Dokter Jeffry Oeswadi.

Lalu apa saja sih gejala penyakit jantung?

1. Nyeri dada, sesak dada, tekanan dada dan ketidaknyamanan dada (angina)

2. Sesak napas

3. Nyeri di leher, rahang, tenggorokan, daerah perut bagian atas atau punggung

4. Nyeri, mati rasa, lemas atau dingin pada kaki atau lengan jika pembuluh darah di area tubuh tersebut menyempit

 BACA JUGA:Kemenkes Sebut Banyak PNS Alami Penyakit Jantung

Sementara data World Health Organization (WHO) tahun 2012 menunjukkan 17,8 juta orang di dunia meninggal, akibat penyakit kardiovaskuler.

Lebih dari 3/4 kematian akibat penyakit kardiovaskuler, terjadi di negara berkembang yang berpenghasilan rendah sampai sedang. Oleh karena itu perlu meningkatkan gaya hidup sehat untuk mencegah penyakit jantung.

(DRM)