Share

Ingin Indonesia Masuk Fase Endemi Covid-19, Pemerintah Lakukan 6 Strategi!

Kevi Laras, Jurnalis · Senin 03 Oktober 2022 06:00 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (foto: istimewa)

KABAR baik datang dari Indonesia, situasi Covid-19 yang mulai melandai. Mendorong kita bersiap untuk memasuki fase endemi, di mana ada beberapa hal perlu diperhatikan.

Keenam langkah atau syarat tersebut, dimulai mengkomunikasikan risiko melalui sosialisasi kepada masyarakat bahwa pandemi Covid-19 masih ada hingga antisipasi sistem kesehatan bila terjadi lonjakan kasus. Berikut rinciannya telah disederhanakan.

 endemi

1. Sosialisasi risiko masih ada pandemi Covid-19 pada masyarakat

2. Lakukan vaksinasi 1,2 dan Booster.

3. Siapkan sistem pelayanan kesehatan dari hulu ke hilir sebagai antisipasi lonjakan kasus

4. Melakukan pengendalian secara menyeluruh dan berkesinambungan

5. Menguatan upaya surveilans

6. Testing & sequencing

"Sesuai pengumuman Dirjen WHO kita saat ini seluruh dunia telah menghadapi masa yang menggembirakan karena tanda tanda hilangnya pandemi Covid-19 mulai terlihat, termasuk di Indonesia” ujar Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr. Mohammad Syahril, dalam Sehat Negeriku laman resmi Kemenkes, Minggu (2/10/2022)

Dengan demikian, situasi mulai melandai, dikatakan Syahril karena penurunan positivity rate mingguan menjadi 6.38% dalam minggu terakhir. Lalu kasus kematian juga mengalami penurunan menjadi 123 per minggu, atau rata-rata di bawah 20 per hari.

Kemudian, bed occupancy rate (BOR) terus mengalami penurunan dari angka 5% pada 10 September menjadi 4.83% saat ini. Dengan itu, dia mendorong agar masyarakat tetap patuh terhadap protokol kesehatan (Prokes).

"kesiapan masyarakat untuk tetap waspada termasuk betul betul menyiapkan langkah kita menuju endemi, paling penting dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, termasuk disiplin memakai masker” ucapnya

(vvn)

1
1