Share

Jangan Malas Mandi Air Dingin di Pagi Hari, Ini 3 Manfaatnya

Kevi Laras, Jurnalis · Jum'at 30 September 2022 10:31 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Mandi Air Dingin. (Foto: Shutterstock)

BAGI sebagian orang, aktivitas pagi hari memang membutuhkan lebih banyak tenaga, apalagi jika belum pulih dari kegiatan di hari sebelumnya. Biasanya untuk memulihkan kesadaran, maka kita memilih untuk mandi.

Mandi memang dapat menyegarkan tubuh, apalagi ketika kita mandi air dingin. Mandi air dingin menjadi salah pilihan, dikala kurang bersemangat atau merasa lelah.

Beragam manfaat mungkin ada apabila mandi air dingin. Khususnya mereka yang aktif di luar ruangan, bisa merasa lebih lelah, berikut ulasannya dirangkum dari berbagai sumber.

Meningkatkan endorfin

Mandi air dingin bisa meningkatkan endorfin atau zat kimia yang diproduksi secara alami. Untuk meredakan rasa nyeri dan stres dalam tubuh. "Endorfin terkadang disebut hormon kebahagiaan, juga dilepaskan. Efek ini mengarah pada perasaan sejahtera dan optimisme," seperti dilansir dari Health Line.

Mandi Air Dingin

Melawan penyakit

Mandi dingin juga diketahui bisa melawan penyakit, dimana leukosit membantu melawan infeksi di dalam tubuh. Kejutan air dingin dalam aliran darah bisa merangsang leukosit. Artinya, mandi air dingin dapat membantu daya tahan tubuh Anda terhadap penyakit umum, seperti pilek dan flu.

"Mandi air dingin rutin menghasilkan pengurangan statistik ketidakhadiran bahkan keluar dalam bekerja karena sakit. Tetapi hanya ada hari sakit pada orang dewasa tanpa komorbiditas yang parah," keterangan dalam penelitian Pengaruh Mandi Air Dingin pada Kesehatan dan Pekerjaan: Uji Coba Terkendali Secara Acak dilansir National Institute of Health.

Meningkatkan sirkulasi

Mandi air dingin ternyata bermanfaat untuk penyembuhan. Hal ini kerap dilakukan atlet, mandi air dingin diketahui bermanfaat bagi kesehatan. Melihat data ternyata air dingin untuk penyembuhan setelah cedera olahraga.

(mrt)