Share

Laju Vaksinasi Meningkat, Sebabkan Stok Vaksin di Daerah Menipis

Kevi Laras, Jurnalis · Jum'at 30 September 2022 21:00 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Ist)

KELANGKAAN vaksin booster Covid-19 terjadi di beberapa daerah di Indonesia. Hal ini dikarenakan laju vaksinasi yang cepat di daerah tersebut.. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengaku sudah menanggulangi permasalah dengan mendistribusikan stok vaksin lagi ke sana. 

"Terkait vaksin Covid-19 sampai saat ini tersedia 5 juta dosis sudah terdistribusi di beberapa daerah. Ada daerah -daerah lau vaksinasinya cepat kemudian mulai stok vaksinnya mulai menipis dan juga ada daerah yang lambat dalam laju vaksinasinya," kata Direktur Pengelolaan dan Pelayanan Kefarmasian, Dina Sintia Pamela, S.Si., Apt., M.Farm dalam konferensi pers Update Covid-19, Monkeypox dan Hepatitis secara online, Jumat (30/9/2022)

 vaksin

Dengan begitu, Kemenkes akan mengupayakan ketersediaan vaksin booster Covid-19 aman. Maka tidak ada lagi daerah yang kebab atau stoknya menipis.

"Hal ini sudah dilakukan beberapa kali akan terus kami upayakan, agar daerah yang kosong vaksinnya akan terpenuhi," ungkapnya

Sehubungan dengan ini, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin juga menjelaskan bahwa ketersediaan vaksin masih ada sekitar 5 juta dosis. Yang mana sebagian di Daerah dan di Kota.

Dia juga berpesan agar masyarakat tidak rewel dengan memilih vaksin. "Stok vaksin di daerah masih ada 2,5 jutaan, di pusat masih ada 2,5 jutaan," jelas Menkes Budi dalam keterangan yang diterima MNC Portal telah dikonfirmasi Kamis (29/9/2022)

"Masyarakat agar tidak perlu terlalu memilih jenis vaksin booster. Semua jenis vaksin yang sudah direkomendasi BPOM bisa dipakai," katanya

(vvn)