Share

Badan POM Pastikan Vaksin Merah Putih Segera Rilis, Hanya Tinggal Hitungan Hari!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 30 September 2022 13:54 WIB
$detail['images_title']
Vaksin Covid-19, (Foto: Freepik)

BADAN Pengawas Obat dan Makanan, Badan POM RI baru saja memberikan kabar terbaru terkait perilisan vaksin Merah Putih.

Disampaikan langsung oleh Kepala BPOM RI, Penny K. Lukito, vaksin Merah Putih buatan anak bangsa tersebut tidak lama lagi akan rilis. Saat ini dalam proses terakhir sebelum akhirnya izin penggunaan darurat (EAU) keluar.

"Vaksin Merah Putih dalam tahap terakhir sebelum mendapatkan EUA dari kami. Vaksin karya anak bangsa ini sebentar lagi bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," kata Kepala BPOM Penny K. Lukito dalam konferensi pers virtual, Jumat (30/9/2022).

Tahap terakhir yang dimaksud Kepala BPOM adalah data-data penunjang yang memang harus diserahkan kepada BPOM untuk dianalisis. Tapi, data tersebut tidak bisa langsung diberikan begitu saja, karena tetap harus mengikuti prosedur standar yang ada.

"Ada data yang harus ditunggu satu, dua, atau tiga bulan sesuai dengan standarnya. Data tersebut, juga meliputi data aspek mutu keamanan dalam produksi, pun data hasil uji klinisnya. Ini kami tunggu," tambah Penny.

Lantas, kapan pastinya vaksin Merah Putih rilis? Penny mengatakan bahwa vaksin Merah Putih akan rilis pada awal Oktober 2022.

"Rencananya vaksin Merah Putih akan mengantongi EUA di awal Oktober," tegasnya.

Vaksin Merah Putih ini merupakan vaksin Covid-19 yang diteliti oleh peneliti Indonesia dari Universitas Airlangga, yang mana dikembangkan oleh PT Biotis Pharmaceutical Indonesia.

"Vaksin ini tentu akan menjadi kebanggaan lainnya untuk Indonesia," pungkas Penny K. Lukito singkat.

 BACA JUGA:Indonesia Akhirnya Mulai Produksi Vaksin Covid-19 mRNA dalam Negeri

BACA JUGA:Vaksin Covid-19 Produksi Indonesia Akhirnya Rilis, Begini Kualitasnya!

1
2