Share

Apa Fungsi Pemeriksaan Visum dalam Kasus KDRT yang Dialami Lesti Kejora?

Wiwie Heriyani, Jurnalis · Jum'at 30 September 2022 10:44 WIB
$detail['images_title']
Lesti Kejora dan Rizky Billar. (Foto: Instagram/@lestykejora)

PEDANGDUT Lesti Kejora dikabarkan mengalami kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Hal ini diketahui dari laporannya ke pihak kepolisian, Kamis (29/9/2022). Saat ini, pemeriksaan visum sudah dilakukan.

Pihak Polres Metro Jakarta Selatan tengah menunggu hasil visum dari Lesti untuk menindaklanjuti laporan tersebut. Informasi terbaru Lesti mengalami sejumlah luka setelah dianiaya oleh sang suami, Rizky Billar.

 Lesti kejora

Lantas, apa fungsi hasil visum dalam penyidikan polisi? Melansir Hellosehat, Jumat, (30/9/2022), pemeriksaan visum sendiri adalah serangkaian pemeriksaan yang dilakukan terhadap korban kekerasan seksual, fisik dan mental melalui laporan tertulis yang dikeluarkan oleh penyedia layanan kesehatan.

Laporan tertulis tersebut mengandung rincian kondisi kesehatan fisik dan psikis korban yang diperiksa dan ditandatangani oleh dokter yang berwenang.

Laporan visum nantinya digunakan sebagai alat bukti di pengadilan. Pemeriksaan ini membantu proses pencarian pelaku jika pelaku kekerasan belum diketahui. Supaya bisa mendapatkan laporan ini, Anda perlu melapor kepada pihak kepolisian. Setelah itu, penyidik dari kepolisian atau hakim akan mengajukan permintaan visum kepada layanan kesehatan.

Baru kemudian, korban akan diperiksa secara menyeluruh oleh dokter dan tenaga medis. Dokter nantinya membuatkan laporan tertulis, yaitu hasil visum, untuk diberikan pada penyidik.

(vvn)