Share

Lesti Kejora Bawa Bukti Dugaan KDRT, Apa Itu Pemeriksaan Visum?

Wiwie Heriyani, Jurnalis · Kamis 29 September 2022 18:19 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi, (Foto: Freepik)

LESTI Kejora tengah jadi sorotan terkait dugaan KDRT (kekerasan dalam rumah tangga) oleh sang suami, Rizky Billar.

Melaporkan Billar ke Polres Metro Jakarta Selatan, pada Rabu malam, (28/9/2022). Pedangdut muda tersebut diketahui sudah menyerahkan hasil pemeriksaan visum sebagai bukti telah menjadi korban KDRT.

Lantas, apa itu pemeriksaan visum? Melansir Hellosehat, Kamis, (29/9/2022), pemeriksaan visum sendiri adalah serangkaian pemeriksaan yang dilakukan terhadap korban kekerasan seksual, fisik dan mental melalui laporan tertulis yang dikeluarkan oleh penyedia layanan kesehatan.

Laporan tertulis tersebut mengandung rincian kondisi kesehatan fisik dan psikis korban yang diperiksa dan ditandatangani oleh dokter yang berwenang.

Laporan visum nantinya digunakan sebagai alat bukti di pengadilan. Pemeriksaan ini membantu proses pencarian pelaku jika pelaku kekerasan belum diketahui. Supaya bisa mendapatkan laporan ini, Anda perlu melapor kepada pihak kepolisian. Setelah itu, penyidik dari kepolisian atau hakim akan mengajukan permintaan visum kepada layanan kesehatan.

Baru kemudian, korban akan diperiksa secara menyeluruh oleh dokter dan tenaga medis. Dokter nantinya membuatkan laporan tertulis, yaitu hasil visum, untuk diberikan pada penyidik.

Follow Berita Okezone di Google News

(rpa)