Share

Apa Benar Sering Minum Es Teh Terlalu Manis Bikin Gemuk?

Kevi Laras, Jurnalis · Kamis 29 September 2022 16:15 WIB
$detail['images_title']
Es teh manis (Foto: The spruce eats)

ES teh merupakan minuman yang populer di tengah masyarakat Indonesia karena rasa manis dan sederhana dibuatnya. Namun sayangnya es teh kekinian sering kebanyakan gula dan sangat manis. Jika diminum terus-menerus dikhawatirkan berdampak pada kesehatan.

Nah, yang jadi pertanyaan apa benar sering minum es teh terlalu manis bikin gemuk?

 es teh terlalu manis

Melihat fenomena tersebut, Ahli Gizi dr. Cindiawaty Josito menjelaskan, jika terlalu sering minum es teh manis bisa memicu overwight, ataupun obesitas. Apabila seseorang minum es teh manis itu secara berlebihan.

"Terkait minuman es teh sebenarnya banyak sih, tambahan gula diminuman tetap menambahkan kalorinya. Dengan kalorinya yang makin tambah dikonsumsi berkali-kali total kalorinya jadi berlebihan jika berlangsung lama bisa sebabkan kegemukan," ungkap dr Cindiawaty Josito Pudjiadi, MARS, MS, Sp.GK Dokter Spesialis Gizi.

 BACA JUGA: Kebanyakan Minum Es Teh Kekinian Terlalu Manis Berbahaya, Waspadai Efek Diabetes ke Ginjal!

"Bisa jadi kan lemak berlebih jadi pemicu atau penyakit lainnya seperti jantung, dll. Jadi memang sebaiknya dibatasi konsumsinya," jelasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dia pun menceritakan bahwa pasien yang datang kerap mengatakan bahwa minum manis tanpa gula pasir. Dianggap lebih baik, dan mereka ganti dengan gula batu dan madu.

Menurut Dokter Cindiawaty hal ini perlu dikonsultasikan dengan dokter, bagaimana diet atau asupan yang sehat. "Karena sering masyarakat bilang saya nggak tambahkan gula pasir tapi gula batu atau pakai madu. Jadi semuanya tetap mengandung kalori, kalau di ahli gizi semuanya ditakar atau disesuaikan jadi semuanya harus dibatasi gitu," jelasnya.

1
2