Share

Jerawat pada Penis, Apakah Tanda Bahaya?

Vivin Lizetha, Jurnalis · Kamis 29 September 2022 21:00 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Ist)

JERAWAT dapat tumbuh di mana saja terutama di bagian tubuh berpori-pori. Hampir seluruh tubuh manusia berpori-pori termasuk penis.

Mengingat sifat sensitif di area tersebut, ada beberapa gejala spesifik yang harus Anda periksa sebelum mencoba menduga-duga sendiri. Karena terkadang jerawat yang muncul bukannya "benjolan" biasanya. Untuk itu perlu perhatian khusus agar mengetahui kondisinya lebih lanjut.

 penis

Ada beberapa penyebab munculnya jerawat di bagian penis. Berikut Okezone merangkumnya yang dihimpun dari Healthline, Kamis (29/9/2022).

1. Bintik Fordyce

Benjolan ini biasanya terletak di bawah folikel rambut, tetapi mereka terlihat di area yang tak memiliki rambut seperti di bagian penisnya langsung. Biasanya berbintik kecil warna putih atau kuning.

Meski tidak berbahaya, bintik Fordyce membuat penampilan penis menjadi terganggung secara estetika. Biasanya dapat diobati dengan terapi laser.

2. Kelenjar Tyson

Benjolannya biasanya terdapat di sekitar frenulum atau lipatan jaringan kecil di bawa penis. Bintiknya juga berwarna putih atau kuning. Kondisi ini juga tak berbahaya dan tak membutuhkan perawatan.

3. Folikulitis

Benjolan muncul karena peradangan folikel rambut di dekat pangkal pertumbuhan rambut kemaluan. Bentuknya seperti jerawat. Meski tak berbahaya, benjolannya akan terasa sakit dan gatal.

1
2