Share

Tidak Menangis saat Lahir, Waspada Penyakit Jantung Bawaan pada Bayi!

Vivin Lizetha, Jurnalis · Kamis 29 September 2022 11:17 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Ist)

KEHADIRAN buah hati dalam sebuah keluarga adalah hal yang dinantikan para orangtua. Semua orangtua juga pasti berharap anak bisa terlahir sempurna, sehat dan berbahagia.

Namun tak sedikit bayi terlahir dengan penyakit jantung bawaan. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, dikutip dari Healthline, Kamis (29/9/2022), saat ini ada 1 juta orang dewasa dan 1 juta anak-anak yang hidup dengan cacat jantung bawaan.

 penyakit jantung

Jumlah itu akan terus meningkat jika banyak calon orangtua yang memiliki gaya hidup tidak sehat. Meski saat ini perawatan lanjutan untuk penyakit jantung bawaan sudah berkembang pesat, namun calon orangtua juga harus peduli pada kesehatan pra kehamilan untuk mencegah risiko bayi cacat jantung.

Cacat jantung bawaan pada bayi dapat terdeteksi saat USG kehamilan. Namun tak jarang kasus ini diketahui beberapa minggu atau bahkan bertahun-tahun setelah bayi lahir.

Untuk itu, penting bagi orangtua mengetahui ciri-ciri bayi yang memiliki penyakit jantung bawaan. Berikut ulasannya yang dikutip dari Healthline, Kamis (29/9/2022).

1. Bibir, kulit jari tangan, dan kaki kebiruan.

2. Tidak menangis saat lahir

3. Kesulitan makan

4. Berat badan lahir rendah

5. Sakit dada

6. Pertumbuhan tertunda

7. Irama jantung tidak normal

8. Pusing

9. Kesulitan bernapas

10. Pingsan

11. Pembengkakan

12. Kelelahan

(vvn)