Share

Apa yang Terjadi pada Otak Usai Manusia Meninggal Dunia?

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Rabu 28 September 2022 19:04 WIB
$detail['images_title']
Otak manusia (Foto: The economic times)

HINGGA kini masih jadi misteri, apa yang terjadi setelah kematian. Termasuk soal, apa yang terjadi pada tubuh dan organ di dalamnya saat seseorang sudah meninggal dunia.

Pertanyaan banyak orang di atas, mungkin sedikit banyak bisa terbantu terjawab lewat studi penelitian terkait otak manusia terbaru yang diterbitkan di Frontiers in Aging Neuroscience pada awal tahun ini.

 otak

Lalu hal yang menjadi pertanyaan, apa yang terjadi pada otak usai manusia meninggal dunia?

Melalui penelitian yang hasilnya diterbitkan di Frontiers in Aging Neuroscience tersebut, para peneliti menemukan bahwa otak manusia kemungkinan bisa tetap aktif saat dan mungkin bahkan sesaat setelah orang tersebut meninggal dunia.

Penelitian sendiri, disebutkan lebih lanjut dilakukan dengan cara para dokter yang sedang melakukan Elektroensefalografi pada seorang pasien yang menderita epilepsi, kemudian saat pasien mengalami serangan jantung dan meninggal selama proses tersebut.

 BACA JUGA:Ibu Hamil Wajib Tahu, Perlunya Asam Folat untuk Bangun Otak Janin

Upaya ini memungkinkan tim dokter untuk memetakan aktivitas otak manusia selama kematian. Dalam proses tersebut, peneliti menemukan adanya ritme aktivitas yang mirip dengan pengambilan memori, mimpi, meditasi, dan persepsi sadar.

Mengutip New York Post, hasil penelitian tersebut telah menciptakan hipotesa bahwa sebelum manusia meninggal, otak manusia akan memutar ulang beberapa momen terbaik yang dialami dalam hidupnya.

Dokter Ajmal Zemmar, ahli bedah saraf di University of Louisville sekaligus penyelenggara studi menyimpulkan, dari penelitian ini bisa dilihat walau seseorang sudah dinyatakan meninggal dunia. Namun organ otaknya masih bisa aktif mengeluarkan memori indah.

“Sesuatu yang dapat kita pelajari dari penelitian ini adalah, meskipun orang yang kita cintai menutup mata dan siap untuk beristirahat, otak mereka mungkin saja bisa memutar ulang beberapa momen terbaik yang dialami di dalam hidup mereka,” jelas Dr. Ajmal.

1
2