Share

Update Cacar Monyet, Negara Ini Laporkan 25.000 Kasus!

Kevi Laras, Jurnalis · Rabu 28 September 2022 14:04 WIB
$detail['images_title']
Cacar monyet (Foto: CNA)

KABAR terbaru datang dari Amerika Serikat yang melaporkan, lebih dari 25.000 kasus cacar monyet. Hal ini menurut data terbaru dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS.

Sejauh ini California memiliki kasus yang paling tinggi dikonfirmasi di antara negara bagian AS, dengan jumlah 4.886 kasus. Kemudian diikuti oleh New York dengan 3.881 dan Florida dengan 2.455.

 cacar monyet

"Tetapi sayangnya, jumlah kasus meningkat di beberapa negara bagian dan yurisdiksi, termasuk Indiana, Virginia dan Massachusetts. Pria kulit hitam dan Hispanik merupakan hampir dua pertiga dari yang terinfeksi, tetapi hanya sekitar seperempat dari mereka yang divaksinasi sejauh ini," kata laporan dilansir dari English News.

 BACA JUGA:Obat Cacar Monyet Direkomendasikan untuk Wilayah Jakarta, Apa Alasannya?

Disampaikan hampir empat bulan setelah laporan pertama cacar monyet di Amerika Serikat, virus cacar monyet menunjukkan tanda-tanda penurunan, kata sebuah laporan dari The New York Times.

Follow Berita Okezone di Google News

Infeksi cacar monyet jarang berakibat fatal. Dengan sebagian besar kasus sembuh dalam dua hingga empat minggu.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, penyakit ini memiliki tingkat kematian sekitar 3 hingga 6 persen. Penyakit ini disebabkan oleh virus monkeypox, termasuk dalam genus orthopoxvirus dari famili Poxviridae .

Sebagaimana diketahui, ada dua clade virus monkeypox yakni clade Afrika Barat dan clade Congo Basin (Afrika Tengah). Nama monkeypox berasal dari penemuan awal virus pada monyet di laboratorium Denmark pada tahun 1958. Kasus manusia pertama diidentifikasi pada seorang anak, di Republik Demokratik Kongo pada tahun 1970.

1
2