Share

4 Vitamin untuk Menurunkan Kolesterol Jahat, Dijamin Ampuh!

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 27 September 2022 19:45 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Ist)

POLA hidup sehat memang harus diterapkan sedini mungkin. Pasalnya, ketika seseorang tidak menerapkan pola hidup sehat, banyak penyakit yang mengintai salah satunya adalah kolesterol.

Selain berolahraga, menjaga pola makan pun sangat disarankan untuk meminimalisir kolesterol meningkat. Pasalnya, tubuh manusia memang sudah memiliki kolesterol alami yang dihasilkan dari hati.

 kolesterol

Juga perlu diingat, kolesterol tinggi dapat mengundang beberapa penyakit berbahaya, seperti stroke, hipertensi hingga penyakit jantung.

Nah, berikut informasi vitamin dapat digunakan untuk menurunkan kolesterol tubuh, yang telah dirangkum dari berbagai sumber, antara lain.

1. Niasin

Ini adalah vitamin B yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Kandungan vitamin ini juga ada pada minyak ikan. Namun untuk mengonsumsi vitamin ini, harus dengan resep dokter.

2. Omega 3

Asam lemak yang terdapat pada minyak ikan ini dalam mengurangi kadarlemak trigliserida dalam darah. Selain dapat dikonsumsi lewat tablet minum, omega 3 juga terkandung pada biji-bijian dan kacang-kacangan.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Berberin

Kandungan ini berasal dari pohon barberry, anggur, dan pohon kunyit. Meski sudah ada yang melakukan penelitian akan khasiat vitamin ini, namun tidak terlalu banyak peneliti yang mengakui vitamin berberin mampu menurunkan kolesterol.


4. Flaxseed 

Biji rami mengandung asam -linolenat, lignan, dan senyawa fenolik, yang dapat menurunkan LDL dan trigliserida dalam darah. Bentuk suplemen makanan dari biji rami biasanya berupa minyak.

1
2